Usai Pilpres dan Pileg, Golkar Surabaya Bakal Sowan ke PDIP Ajak Koalisi Usung Eri Cahyadi ke Pilwali 2024

| 13 Jan 2024 16:55
Usai Pilpres dan Pileg, Golkar Surabaya Bakal Sowan ke PDIP Ajak Koalisi Usung Eri Cahyadi ke Pilwali 2024
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi (Dok. Era.id/Puan)

ERA.id - Ketua DPD Golkar Surabaya Arif Fathoni mengatakan pihaknya bakal melakukan pertemuan atau Sowan ke PDI-Perjuangan terkait usulan usung Eri Cahyadi ke Pilwali pada Pilkada November 2024 nanti.

“Tentu (sowan PDI-P), kami komunikasi selama ini cai-cair saja,” kata Toni sapaan akrabnya, Sabtu (13/1/2024).

Nantinya pertemuan itu, kata Toni, bakal dilakukan setelah pesta pemilihan Pileg dan Pilpres 2024 nanti.

“Tentu selepas pileg pilpres ini kami akan kulon nuwun (permisi) terhadap PDIP sebagai partai yang melahirkan membesarkan Eri,” ujarnya.

Toni menjelaskan nantinya Golkar Surabaya juga akan sekaligus mengajak berkoalisi bersama PDI-Perjuangan untuk mengusung orang nomor satu di Surabaya itu maju ke kembali periode dua Pilwali 2024.

“Kita akan komunikasi melakukan bukan penjajakan apakah memungkinkan koalisi mengusung mas Eri terlaksana atau tidak. Setelah pileg dan pilpres kami akan kulon nuwu’ ke PDIP Surabaya. Kami akan samapikan maksud tujuan kami,”terangnya.

Sebelumnya, Toni juga mengatakan Golkar Surabaya juga telah mengusulkan usungannya Pilwali ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar.

“Kami usulkan ke DPP melalui DPD Golkar Jatim. Kemudian sifatnya penugasan kami bakal lakukan usung Mas Eri,” ujarnya.

Alasan Golkar Surabaga ngusung Eri Cahyadi, tambahnya,para pimpinan se-kecamatan Golkar sangat kagum dengan orang nomor satu di Kota Pahlawan tersebut.

Pihaknya menilai  kepimpinan Eri Cahyadi selama sejak 2020 hingga saat ini sudah sesuai menjalankan roda Pemerintahan Kota  Surabaya itu sesuai doktrin karya kekaryaan Partai Golkar.

“Jadi gaya kepimpinan teknoraktis itulah yang kemudian membuat sejumlah ketua pimpinan kecamatan ini menyebut  Golkar banget mas Eri,” terangnya.

Rekomendasi