Depan Warga Bone, Anies Janji Lagi Akan Bangun Stadion di Makassar, Singgung PSM

| 17 Jan 2024 21:01
Depan Warga Bone, Anies Janji Lagi Akan Bangun Stadion di Makassar, Singgung PSM
Anies Baswedan saat berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

ERA.id - Calon Presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan, kembali berjanji membangun stadion sepakbola bertaraf internasional di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bila memenangi Pilpres 2024.

"Jadi, di Makassar kami berencana membangun stadion bertaraf internasional. Dan ini sudah kami luncurkan (rancangan) khusus beberapa waktu yang lalu," ujar Anies di sela kampanye akbar di Lapangan Bola Cina, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu (17/1/2024).

Sesuai rencana pembangunan stadion tersebut, masyarakat Sulsel utamanya di Kota Makassar, kata Anies, akan bisa menikmati dan merasakan stadion megah.

"Ini upaya agar masyarakat di Sulawesi Selatan, dan di Makassar khususnya mereka bisa memiliki stadion bertaraf internasional. Apalagi, kesebelasannya (PSM) adalah kesebelasan yang punya sejarah panjang, punya prestasi banyak, tapi stadionnya tidak ada. Dan ini adalah salah satu keluhan yang disampaikan oleh masyarakat di Makassar," paparnya.

Untuk itu, bila dikehendaki memimpin Indonesia beserta Muhaimin Iskandar, maka itu dijadikan program prioritas dalam mendukung perkembangan dan kemajuan olahraga di Sulsel.

"Jadi, kami menyiapkan. Insya Allah, begitu kemenangan itu di berikan, kami langsung siapkan proses pelaksanaannya," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini yang sudah membangun Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Jakarta.

Sebelumnya, Anies merespons keinginan para penggemar dan suporter sepak bola atas kehadiran kembali Stadion Mattoangin usai dirubuhkan, hingga akhirnya mangkrak di masa Pemerintahan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan.

"Kami serius ingin membangun stadion di sini, bahkan sudah menyiapkan rancangannya. Kami namakan Mattoanging Internasional Stadium. Dan bukan cuman di Makassar, Insya Allah kami akan bangun 10 stadion besar di kota lainnya di Indonesia," ucap Anies saat dialog bersama suporter Sepakbola di Gori Artisan Building Makassar, Sabtu, 18 November 2023.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menyampaikan, apa masalah besar di Makassar yang dianggap penting, itu adalah tidak tersedianya stadion yang memadai. Ia menceritakan, kejadian tersebut pernah dialami pada 2016 lalu saat ditagih warga Jakarta menyediakan stadion sepakbola, hingga akhirnya Jakarta Internasional Stadium (JIS) selesai dibangun.

Dan salah satu yang menjadi permintaan warga kala itu, adalah membangun stadion baru yang sudah diruntuhkan, dan dijanjikan oleh gubernur yang silih berganti, tetapi hanya janji kosong, mirip situasinya di sini.

"Tapi, kita mesti menyelesaikan sengketa, mengundang semua pihak bicarakan dengan baik baik. Insya Allah, setelah tiga tahun, setelah ground breaking kita sudah bisa menggunakannya, Kapasitasnya (stadion Mattoangin) 40 ribu penonton," papar Anies sembari menunjukkan desain pembangunan stadion di layar saat dialog tersebut.

Rekomendasi