Gus Ipul Minta Warga NU Jangan Pilih Capres yang Didukung Abu Bakar Baasyir, Anwar Abbas: Jangan Merendahkan Orang Lain

| 18 Jan 2024 14:23
Gus Ipul Minta Warga NU Jangan Pilih Capres yang Didukung Abu Bakar Baasyir, Anwar Abbas: Jangan Merendahkan Orang Lain
Pengamat Sosial Ekonomi dan Keagamaan, Anwar Abbas. (Antara)

ERA.id - Pengamat Sosial Ekonomi dan Keagamaan, Anwar Abbas angkat bicara prihal pernyataan dari Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul terkait pernyataan ajakan pilihan calon presiden 2024. 

Ucapan Gus Ipul yaitu: "Jangan kita mendukung pasangan yang didukung oleh orang-orang yang berseberangan dengan cara berpikirnya orang NU. Seperti calon yang didukung Abu Bakar Baasyir misalnya, apalagi ada Amien Raisnya juga," 

Tentunnya, ia bertanya apakah yang disampaikan oleh saudara Gus Ipul sebagai politisi atau Sekjen PBNU. 

"Memang yang saya tahu cara berfikir orang politik itu kebanyakannya lebih banyak mendahulukan kepentingan diri, keluarga, partai dan kelompoknya," kata dia dalam keteranganya di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

"Tapi kalau sebagai sekjen PBNU menurut saya sebaiknya saudara Saifullah Yusuf menanggalkan baju politisinya  tapi jadilah negarawan dan agamawan yang bertugas dan berfungsi mengayomi dan melindungi umat serta menjaga persatuan dan kesatuan diantara mereka," tambahnya. 

Buya Abbas, sapaan akrabnya mengatakan, sebaiknya pilihan kata yang disapaikan Gus Ipul dipikirkan baik-baik, jangan sampai menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat Indonesia. 

"Sebagai orang yang menjunjung tinggi ajaran agama dan budaya serta demokrasi, silahkan saja Gus ipul mendukung calonnya tapi janganlah menghina dan merendahkan serta mendiskreditkan orang lain. Apalagi orang yang dihina dan direndahkan serta didiskreditkan tersebut adalah orang yang sangat dihormati oleh kelompok lain," katanya.

Rekomendasi