Banyak Alat Peraga Kampanye Liar, Pemprov DKI Jakarta Imbau Peserta Pemilu Jaga Keindahan

| 18 Jan 2024 20:00
Banyak Alat Peraga Kampanye Liar, Pemprov DKI Jakarta Imbau Peserta Pemilu Jaga Keindahan
Warga melintasi poster caleg yang dicoret tulisan 'tersangka penusukan pohon' di kawasan Plumpang, Jakarta Utara, Senin (15/1/2024). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.)

ERA.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajak seluruh peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mengutamakan dan peduli terhadap keindahan dan kerapian kota dalam memasang alat peraga kampanye (APK).

"Saya minta semua parpol harus ikut keinginan bersama yakni memperhatikan keindahan kota," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, Taufan Bakri di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (18/1/2024), dikutip dari Antara.

Taufan menyebut Pemprov DKI Jakarta melalui Satpol PP DKI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI, dan pihak terkait sudah menertibkan APK yang melanggar aturan.

Penertiban tersebut, kata Taufan tidak hanya dilakukan di tempat-tempat yang kemarin sempat terjadi kecelakaan, tetapi dilakukan di seluruh wilayah DKI Jakarta agar seluruh pihak tidak ada yang dirugikan, dan demi kenyamanan bersama.

"Bukan tidak aksi, kemarin saya sudah turun tangan. Di seluruh Jakarta, kita sudah melakukan di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta pusat, kemudian Jakarta Timur, Matraman, sepanjang itu, itu sudah di tanggal sebelum rapat ini," jelas Taufan.

Adapun Pemprov DKI memberikan waktu satu minggu bagi peserta pemilu merapikan APK demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

"Posko pemilu yang dalamnya ada unsur politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nanti bersama-sama diberikan waktu satu minggu ke depan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta Arifin usai rapat koordinasi perapian APK pada hari ini.

Sebelumnya, pada Rabu (17/1/2024), bendera partai di sekitar Mampang, Jakarta Selatan, jatuh menimpa pengendara motor hingga korban patah tulang dan harus dirawat di RSUP Mampang Prapatan.

Rekomendasi