Anies: Negara Harus Hadir Lindungi Perempuan!

| 19 Jan 2024 10:27
Anies: Negara Harus Hadir Lindungi Perempuan!
Anies Baswedan. (Facebook Anies)

ERA.id - Calon presiden RI nomor urut 1, Anies Baswedan, berkomitmen serius untuk melindungi perempuan lewat tangan negara.

Usai agenda Desak Anies Edisi Perempuan, Agraria, dan Lingkungan di Jakarta, Kamis kemarin, Anies menyebut urusan-urusan pada topik tersebut sebagian permasalahannya itu seperti berada di dalam kondisi puncak gunung es yang terlihat, dan yang senyatanya ada itu tidak sebanding.

Anies juga merujuk dari data sebuah lembaga bantuan hukum bahwa dari 200 perempuan yang mengalami kekerasan, hanya empat yang dapat melapor.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, negara harus hadir dengan program-program untuk melindungi perempuan mulai dari pencegahannya, respons cepat bila ada kejadian, penangananya, sampai pada rehabilitasinya.

"Intinya adalah kami ingin ada keseriusan di bidang ini supaya semua perempuan merasakan perlindungan. Ketika ada masalah tidak justru disalahkan, justru dilindungi, itu prinsipnya," ujar Anies.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Rekomendasi