Aksi Unjuk Rasa di Depan Balai Kota Solo, Titipkan Pakta Integritas ke Gibran

| 06 Feb 2024 23:57
Aksi Unjuk Rasa di Depan Balai Kota Solo, Titipkan Pakta Integritas ke Gibran
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Dok. Era.id/Amalia Putri)

ERA.id - Gabungan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Solo Raya untuk Kepemimpinan Bermartabat (AMSR-UKB) menggelar aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Solo, Selasa (6/2/2024). Aksi unjuk rasa ini untuk menitipkan aspirasinya ke Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Aksi ini dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Meskipun massa sudah berkumpul sejak pukul pukul 12.00 WIB. Dalam aksinya, koordinator aksi hanya membacakan pakta integritas. Ada sebelas poin pakta integritas yang ingin disampaikan ke Gibran, namun baru lima poin, kemudian Gibran datang dari dalam kantor Balai Kota Solo.

Ia disambut teriakan histeris dari para mahasiswi yang tak beralmamater. Gibran kemudian menandatangani pakta integritas tersebut. Setelah menandatangani dua lembar poin-poin pakta integritas ini, Gibran kemudian dikerubuti para mahasiswi yang meminta untuk bersalaman. Tak sedikit mahasiswi yang mencium tangan Gibran.

Setelah menandatangani pakta Gibran kemudian kembali ke ruangannya. Ia mengapresiasi pakta integritas yang disampaikan oleh para mahasiswa ini. Menurutnya seruan para mahasiswa tersebut sesuai dengan visi dan misi dari paslon 02 Prabowo-Gibran.

”Ya kita tindak lanjuti sesuai dengan pakta integritas tadi,” kata Gibran sembari kembali ke ruangannya.

Gibran tak banyak memberikan penjelasan apa saja poin yang ia tangkap dari aspirasi para mahasiswa tersebut. Dirinya hanya berjanji akan menampung aspirasi ini.

”Ya sesuai itu saja, sesuai dengan poin-poinnya. Wis mbok foto belum tadi, yawis sesuai itu (sudah kamu foto belum tadi, ya sudah, sesuai itu). Tinggal dilaksanakan saja,” katanya.

Setelah kembali ke ruangan, beberapa perwakilan mahasiswa ini ditemui Gibran di ruangannya. Momen ini baru pertama kali terjadi, dimana Gibran menemui pengunjuk rasa di ruangannya.

Korlap aksi Aliansi Mahasiswa Solo Raya untuk Kepemimpinan Bermartabat (AMSR-UKB) Farouq Naufally Mumtaz mengatakan, pakta integritas ini disampaikan ke cawapres nomor urut 2 berdasarkan pantauan dari hasil survei elektabilitas paslon capres dan cawapres. Pasangan Prabowo-Gibran dinilai memiliki elektabilitas yang sangat tinggi. Sehingga mereka menyampaikan pakta integritas ini ke Gibran.

”Kami juga ingin beliau menjadi pasangan presiden dan wakil presiden yang menepati janji-janji beliau. Tetap menjaga keamanan, mengembangkan UMKM dan sebagainya,” katanya.

Selain itu aspirasi paling penting yang mereka titipkan yakni mengenai mahasiswa dan generasi muda. ”Biar bisa lebih dikembangkan lagi, bak dari mutunya sebagai mahasiswa dan generasi muda,” katanya.

Sebagaimana diketahui Aliansi Mahasiswa Solo Raya untuk Kepemimpinan Bermartabat (AMSR-UKB) merupakan gabungan dari mahasiswa di Solo. Di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA), Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Universitas Islam Negeri (UIN) Surakarta, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta.

Rekomendasi