Kumpul Akbar Anies-Muhaimin di JIS Diwarnai Atribut Persija hingga Bendera Palestina

| 10 Feb 2024 08:15
Kumpul Akbar Anies-Muhaimin di JIS Diwarnai Atribut Persija hingga Bendera Palestina
Massa pendukung Anies-Muhaimin menuju acara Kumpul Akbar di JIS, Sabtu (10/2/2024). (ERA/Ilham)

ERA.id - Kampanye akbar pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bertajuk "Kumpul Akbar" di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024), diramaikan massa yang membawa bendera partai hingga atribut Persija Jakarta.

Dari pantauan ERA di lapangan, tampak calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin berjalan menuju JIS dari arah Sunter ditemani ribuan massa di sekelilingnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu terlihat kelelahan dan menyeka keringatnya beberapa kali dengan sapu tangan sepanjang perjalanan. Ia berdampingan dengan sang istri, Rustini.

Atribut dan bendera partai pengusung paslon AMIN (Partai NasDem, PKB, dan PKS) tampak berkibar ditenteng massa yang berdatangan. Mereka juga terdengar meneriakkan nama Cak Imin saat lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu berjalan membelah lautan massa.

Selain bendera partai Koalisi Perubahan, tampak pula beberapa orang mengangkat atribut Persija Jakarta hingga bendera Palestina sepanjang jalan menuju JIS.

Massa pendukung paslon AMIN sudah memadati area luar JIS sejak subuh dengan mayoritas berpakaian putih. Mereka berjalan menuju stadion karena kendaraan dalam jarak sekitar satu kilometer sudah tidak bisa mengakses kawasan JIS dari arah selatan.

"Satukan Jakarta, AMIN-kan Indonesia," kata salah seorang pendukung AMIN menggunakan pengeras suara.

Adapun akses dari arah kawasan Sunter maupun dari arah Jalan RE Martadinata mengalami kemacetan kendaraan hingga sekitar 2,5 kilometer menuju JIS. Bahkan berbagai kendaraan tersebut pun terpaksa diparkir di pinggir jalan.

Sebelumnya, Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN menyebut jumlah tiket terpesan secara daring pada Rabu (7/2/2024) mencapai 3,5 juta pada menit pertama serta berdasarkan laporan dari Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dilanjutkan masa tenang selama tiga hari, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi