Kumpul Akbar di JIS, Muhaimin Nyanyikan Pantun Sindir Penguasa: Konstitusi Hancur Berantakan

| 10 Feb 2024 12:14
Kumpul Akbar di JIS, Muhaimin Nyanyikan Pantun Sindir Penguasa: Konstitusi Hancur Berantakan
Abdul Muhaimin Iskandar di JIS, Sabtu (10/2/2024). (Istimewa)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar menyindir politik dinasti hingga kekuasaan oligarki dalam orasinya saat "Kumpul Akbar untuk Perubahan" di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024). 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu membuka kampanye akbar sebelum pasangannya, calon presiden (capres) Anies Baswedan. Ia mengawali orasinya dengan membaca selawat dan menyelipkan pantun berisi sindiran kepada penguasa yang berbunyi:

Rakyat sepakat untuk perubahan

Pemilu bukanlah pergantian

dari bapak anak terlibatlah paman

Konstitusi hancur berantakan

Suara Anda jangan mau dibeli

Itu menguntungkan oligarki

Marilah kita tegakkan demokrasi

Indonesia bukan milik dinasti

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu kemudian memberikan orasi singkat di hadapan puluhan ribu massa pendukungnya. Ia mengatakan mereka berkumpul di JIS karena berbagi semangat perubahan.

"Kalau ini lapangan bola, biasanya selalu ada supporter, betul? Dan kita semua adalah sipporter-supporter untuk perubahan!" serunya yang disambut gegap gempita oleh peserta kampanye akbar.

"Supporter bola itu tidak pernah dibayar, betul? Supporter bola malah beli tiket. Luar biasa saya melihat jam 11 malm supporter perubahan sudah masuk di tempat ini," lanjutnya.

Gus Muhaimin mengaku bahagia dipertemukan Allah dengan Anies dalam sebuah gerakan perubahan. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut Anies sebagai putra terbaik bangsa.

Dari pantauan ERA, seluruh stadion tampak terisi penuh dan puluhan ribu peserta Kumpul Akbar membeludak hingga memadati seisi lapangan mengelilingi panggung berwarna putih.

Ratusan bendera dan spanduk bertuliskan aspirasi masyarakat dikibarkan di tribun dan lapangan. Salah satunya bertuliskan, "Kami datang tanpa kepentingan, kami datang menginginkan perubahan".

Massa pendukung paslon AMIN sudah memadati area luar JIS sejak subuh dengan mayoritas berpakaian putih. Mereka berjalan menuju stadion karena kendaraan dalam jarak sekitar satu kilometer sudah tidak bisa mengakses kawasan JIS dari arah selatan.

"Satukan Jakarta, AMIN-kan Indonesia," kata salah seorang pendukung AMIN menggunakan pengeras suara.

Adapun akses dari arah kawasan Sunter maupun dari arah Jalan RE Martadinata mengalami kemacetan kendaraan hingga sekitar 2,5 kilometer menuju JIS. Bahkan berbagai kendaraan tersebut pun terpaksa diparkir di pinggir jalan.

Sebelumnya, Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN menyebut jumlah tiket terpesan secara daring pada Rabu (7/2/2024) mencapai 3,5 juta pada menit pertama serta berdasarkan laporan dari Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dilanjutkan masa tenang selama tiga hari, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi