Massa Histeris Sambut Kedatangan Anies di Area JIS

| 10 Feb 2024 08:20
Massa Histeris Sambut Kedatangan Anies di Area JIS
Anies Baswedan melihat ribuan massa pendukungnya di luar JIS, Sabtu (10/2/2024). (ERA/Ilham)

ERA.id - Peserta kampanye akbar pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) bertajuk "Kumpul Akbar" di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024), menyambut histeris kedatangan Anies yang menumpang mobil hitam.

Massa pendukung paslon AMIN sudah memadati area luar JIS sejak subuh dengan mayoritas berpakaian putih. Mereka berjalan menuju stadion karena kendaraan dalam jarak sekitar satu kilometer sudah tidak bisa mengakses kawasan JIS dari arah selatan.

Dari pantauan ERA di lapangan, calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan tiba di area JIS sekitar pukul 08.00 WIB. Terdengar teriakan "Ayah! Ayah!" dari ribuan pendukungnya di pinggir jalan yang melihat wajah Anies.

Atribut dan bendera partai pengusung paslon AMIN (Partai NasDem, PKB, dan PKS) tampak berkibar ditenteng massa yang berdatangan. 

Selain bendera partai Koalisi Perubahan, tampak pula beberapa orang mengangkat atribut Persija Jakarta hingga bendera Palestina sepanjang jalan menuju JIS.

akses dari arah kawasan Sunter maupun dari arah Jalan RE Martadinata mengalami kemacetan kendaraan hingga sekitar 2,5 kilometer menuju JIS. Bahkan berbagai kendaraan tersebut pun terpaksa diparkir di pinggir jalan.

Sebelumnya, Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN menyebut jumlah tiket terpesan secara daring pada Rabu (7/2/2024) mencapai 3,5 juta pada menit pertama serta berdasarkan laporan dari Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dilanjutkan masa tenang selama tiga hari, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi