Kumpul Akbar di JIS, Anies Perkenalkan Surya Paloh sebagai Pembuka Jalan Perubahan

| 10 Feb 2024 11:50
Kumpul Akbar di JIS, Anies Perkenalkan Surya Paloh sebagai Pembuka Jalan Perubahan
Anies Baswedan di JIS, Sabtu (10/2/2024). (Istimewa)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan memanggil Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sebagai pembuka jalan perubahan lewat jalur politik. Hal itu ia utarakan dalam "Kumpul Akbar untuk Perubahan" di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (10/2/2024).

"Beliau yang membukakan pintu jalan perubahan lewat jalur politik. Pintu lewat partai-partai banyak yang tersandera, Bang Surya Paloh membukakan jalan untuk perubahan, mengatakan gerakan perubahan di saat yang lain tak berani mengungkapkan," seru Anies di tengah puluhan ribu massa pendukung pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut bahwa Surya Paloh mendapat begitu banyak ujian karena memperjuangkan perubahan hingga hari ini.

"Tapi Bang Surya tak gentar, tak mundur, tak bergeming," ujar Anies.

Capres yang diusung Koalisi Perubahan itu memberikan pidato setelah orasi dari pasangannya, Gus Muhaimin yang memimpin pembacaan selawat sebelumnya.

Gus Muhaimin mengaku bahagia dipertemukan Allah dengan Anies dalam sebuah gerakan perubahan. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut Anies sebagai putra terbaik bangsa.

Dari pantauan ERA, seluruh stadion tampak terisi penuh dan puluhan ribu peserta Kumpul Akbar membeludak hingga memadati seisi lapangan mengelilingi panggung berwarna putih.

Ratusan bendera dan spanduk bertuliskan aspirasi masyarakat dikibarkan di tribun dan lapangan. Salah satunya bertuliskan, "Ora butuh duitmu, butuhe kepemimpinanmu".

Massa pendukung paslon AMIN sudah memadati area luar JIS sejak subuh dengan mayoritas berpakaian putih. Mereka berjalan menuju stadion karena kendaraan dalam jarak sekitar satu kilometer sudah tidak bisa mengakses kawasan JIS dari arah selatan.

"Satukan Jakarta, AMIN-kan Indonesia," kata salah seorang pendukung AMIN menggunakan pengeras suara.

Adapun akses dari arah kawasan Sunter maupun dari arah Jalan RE Martadinata mengalami kemacetan kendaraan hingga sekitar 2,5 kilometer menuju JIS. Bahkan berbagai kendaraan tersebut pun terpaksa diparkir di pinggir jalan.

Sebelumnya, Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN menyebut jumlah tiket terpesan secara daring pada Rabu (7/2/2024) mencapai 3,5 juta pada menit pertama serta berdasarkan laporan dari Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dilanjutkan masa tenang selama tiga hari, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi