Tunggu Kedatangan Anies-Muhaimin, Puluhan Ribu Peserta Kumpul Akbar Gaungkan Selawat Nabi di JIS

| 10 Feb 2024 08:30
Tunggu Kedatangan Anies-Muhaimin, Puluhan Ribu Peserta Kumpul Akbar Gaungkan Selawat Nabi di JIS
Suasana dalam JIS saat Kumpul Akbar paslon AMIN, Sabtu (10/2/2024). (ERA/Flo)

ERA.id - Ribuan pendukung pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskamdar (AMIN) melantunkan doa dan selawat bersama dalam kegiatan kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Kegiatan itu dimulai sejak pukul 06.00 WIB dan dipimpin panitia dari Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN. Sementara massa pendukung dari dalam dan luar kota tampak sudah memadati area JIS sejak subuh.

Dari pantauan Antara di lapangan, massa yang telah memenuhi seluruh tribun stadion berdoa dan berselawat sejak sekitar pukul 05.00 WIB sambil menunggu kedatangan paslon AMIN.

Alunan musik bernuansa Islam dan pukulan rebana mengiringi aktivitas tersebut. Ratusan umbul-umbul juga berkibar di seluruh stadion yang dibangun pada masa kepemimpinan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta itu.

Seorang relawan dari Kota Bandung, Jawa Barat, Sutisna, mengaku sangat menikmati momentum kampanye akbar terakhir oleh paslon AMIN bertajuk "Kumpul Akbar" ini.

"Saya merasakan aura semangat dan doa bersama menggema untuk perubahan Indonesia lebih baik," kata dia.

Sementara itu, seorang relawan dari Barisan Nasional Koalisi Anies Bersatu (BNKAB), Budiono, mengatakan kegiatan doa dan selawat itu bisa membangkitkan semangat para relawan sebelum pembukaan acara secara seremonial pada pukul 07.00 WIB.

"Ini bagus, untuk menyatukan semangat dan meminta keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa," ujar dia.

Menurut Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN, kegiatan kampanye akbar dimulai secara seremonial pada pukul 07.15 WIB oleh pembuka acara.

Sebelumnya, Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN menyebut jumlah tiket terpesan secara daring pada Rabu (7/2/2024) mencapai 3,5 juta pada menit pertama serta berdasarkan laporan dari Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dilanjutkan masa tenang selama tiga hari, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi