PKS Unggul di Pileg DPRD DKI Jakarta, Ini Sosok yang Berpeluang Duduk di Kursi Ketua DPRD

| 14 Mar 2024 23:15
PKS Unggul di Pileg DPRD DKI Jakarta, Ini Sosok yang Berpeluang Duduk di Kursi Ketua DPRD
Khoirudin (dok dprd-dkijakartaprov.go.id)

ERA.id - Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menanggapi kemungkinan nama yang akan menduduki kursi Ketua DPRD DKI Jakarta. Khoirudin disebut menjadi calon terkuat.

"(Kursi Ketua DPRD DKI Jakarta) sangat mungkin ditempati oleh Waka DPRD dari PKS yang sekarang ditempati oleh Bapak Khoirudin," kata Abdul Aziz dalam pesan singkat dikutip dari Voi.id, Kamis (14/3/2024).

Aziz mengklaim tingginya perolehan suara PKS di DKI dipengaruhi faktor Anies Baswedan. Suara PKS naik dari urutan ketiga pada pileg 2019 menjadi urutan pertama.  

"Masyarakat yang mendukung Pak Anies sebagai presiden melihat partai yang paling pas untuk dipilih, itu mungkin PKS. Ya, ada aja unsur begitu," kata Aziz.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta menetapkan hasil perolehan suara pemilu DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 yang tertuang dalam Keputusan KPU Provinsi DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2024.

Sebanyak 11 partai politik diperkirakan lolos dalam Pileg DPRD DKI tahun ini. Adapun, PKS menjadi partai politik dengan perolehan suara terbanyak di pemilu legislatif DPRD DKI Jakarta tahun 2024.

PKS diprediksi menjadi partai pemenang Pemilu Legislatif DPRD DKI Jakarta 2024 dengan perolehan suara paling banyak dengan 18 kursi untuk periode 2024-2029.

Rekomendasi