Jokowi Open House di Istana Negara, Megawati Pilih Lebaran di Rumah

| 10 Apr 2024 10:50
Jokowi Open House di Istana Negara, Megawati Pilih Lebaran di Rumah
Rumah Megawati Soekarnoputri. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menggelar gelar griya atau open house di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (10/4) pagi. Meskipun tak ada undangan khusus, namun tokoh maupun pebajabat yang hendak bersilaturahmi terbuka untuk datang.

Namun, Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri memilih berlebaran di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

"Sejauh ini yang saya catat sepanjang sejarah bu Mega merayakan Idulfitri, beliau biasanya melakukan open house di kediaman beliau," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah di Masjid At Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2024).

Namun untuk tahun ini, Megawati hanya menggelar open house secara terbatas. Hanya kerabat, sahabat, dan kader PDIP yang kemungkinan bersilaturami ke sana.

"Tetapi mungkin karena situasi seperti ini, open house yang beliau lakukan di rumah beliau di Teuku Umar itu dilakukan secara terbatas. Artinya tidak mengundang secara terbuka layaknya pejabat tinggi negara melaksanakan open house," kata Basarah.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan, tak ada undangan khusus dari Jokowi untuk tokoh-tokoh tertentu.

Artinya, siapapun boleh datang, termasuk presiden dan wakil presiden terdahulu.

"Open house ini tidak ada undangan. Jadi Istana membuka pintu, beliau, presiden membuka pintu baik pejabat, para tokoh masyarakat untuk silahkan datang, diterima oleh beliau dalam rangka halalbihalal," ucapnya.

Meski begitu, durasi kegiatan itu tidak berlangsung hingga sore karena adanya keterbatasan, sehingga masyarakat yang ingin bersilaturahim langsung dengan Presiden Jokowi bisa datang lebih awal.

"Kegiatan itu tidak sampai sore, karena kita ada keterbatasan, sehingga mohon maaf apabila masyarakat yang hadir nanti tidak bisa semua masuk ke dalam, karena waktu tidak terlalu lama," ujarnya.

Rekomendasi