DPR Minta Pemerintah Tambah Alokasi Anggaran untuk Kesejahteraan Atlet dan Pelatih

| 02 May 2024 14:00
DPR Minta Pemerintah Tambah Alokasi Anggaran untuk Kesejahteraan Atlet dan Pelatih
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. (YouTube/TVR Parlemen)

ERA.id - Komisi X DPR RI mengimbau pemerintah menambah alokasi anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk meningkatkan kesejahteraan atlet Indonesia dan para pelatih.

"Bukan hanya sepak bola ya, semua jenis cabang olahraga apalagi yang nanti akan dipertandingkan maka kita harus konsekuensinya dalam memberikan perhatian yang cukup kepada kesejahteraan mereka. Bukan hanya atletnya, sebenarnya juga pelatih-pelatihnya," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian seperti disaksikan melalui kanal YouTube TVR Parlemen di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Menurutnya, kesejahteraan atlet dan pelatih harus diperhatikan agar mereka dapat fokus menghadapi pertandingan dan meningkatkan prestasi di kancah internasional. Hetifah juga mengingatkan pemerintah memastikan roadmap olahraga nasional berjalan dengan optimal.

Selain itu, anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan mendorong pemerintah menghadirkan program pembinaan atlet oleh pensiunan atlet.

"Terutama orang-orang yang pernah berprestasi ini. Kan ada orang-orang yang punya pengalaman, punya jam terbang jadi mereka itu bisa dioptimalisasikan," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menegaskan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tidak untuk membiayai proses-proses birokrasi, tetapi difokuskan ke berbagai program kepemudaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya ingin ingatkan pesan Pak Presiden Joko Widodo, APBN tidak untuk membiayai birokrasi, tetapi difokuskan ke berbagai program yang bermanfaat bagi masyarakat. Setiap rupiah uang rakyat harus kembali kepada rakyat. Dalam konteks ini, saya tegaskan semua anggaran Kemenpora digunakan untuk program-program konkrit untuk generasi muda bukan malah dihabiskan untuk proses-proses birokrasi," ucapnya saat Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 di halaman kantor Kemenpora.

 .

Rekomendasi