Sambut Obor Api, Hasto PDIP Singgung Olahraga dan Politik Karbitan, Sindir Siapa?

| 23 May 2024 20:11
Sambut Obor Api, Hasto PDIP Singgung Olahraga dan Politik Karbitan, Sindir Siapa?
Rombongan pembawa Obor Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam saat tiba di lokasi Rakernas V PDIP, Beach City International Stadium (BCIS) Ancol, Jakarta, Kamis (23/5/2024). (Flori/ERA.id)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, politik harus belajar dari dunia olahraga. Sebab, dua hal tersebut memiliki kesamaan karena tidak bisa ditempuh melalui jalan pintas.

Hal ini Hasto sampaikan setelah melaksanakan prosesi serah terima Obor Api Nan Tak Kunjung Padam jelang Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Jakarta Utara, Kamis (23/5/2024).

Dia bersama rombongan sebelumnya berlari dari Kemayoran, Jakarta Utara dengan jarak tempuh sekitar 6 kilometer.

“Semoga ini menggelorakan semangat sportivitas. Karena politik harus belajar dari olahraga, politik sering diwarnai oleh ambisi kekuasaan, politik sering diwarnai oleh jalan pintas, olahraga tidak mengenal jalan pintas, tidak mengenal politik karbitan, saudara-saudara,” kata Hasto dalam sambutannya di lokasi.

Hasto menjelaskan, dalam olahraga terdapat aturan yang harus ditaati oleh semua peserta. Sehingga tak ada kecurangan.

“Semua taat pada aturan main. Di dalam olahraga, wasit pun netral. Di dalam olahraga, sportivitas dikedepankan, tidak ada yang curang tanpa diketahui oleh wasit,” jelas Hasto.

Ia menyebut, hal inilah yang menjadi alasan PDIP belajar berpolitik dari olahraga. Dia pun berharap agar semua anak bangsa juga bisa mencontoh sikap tersebut.

“Kita percaya pada anak-anak bangsa bahwa mereka lebih suka mengejar prestasi meskipun harus jatuh bangun di dalam keyakinan. Itulah PDI Perjuangan, belajar dari setiap peristiwa politik dan kali ini kita belajar dari dunia olahraga,” ungkap Hasto.

“Semoga politik terinsipirasi oleh dunia olahraga itu. Maka mari kita tunjukkan budaya prestasi, kita tunjukkan budaya proses, kita tunjukkan suatu budaya fairness dan olahrga itu artinya terus maju, maju, maju tidak pernah mundur. Semangat terus maju itulah yang kita gelorakan,” sambungnya.

Sebagai informasi, DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V Partai yang digelar pada 24-26 Mei 2024 mendatang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

Adapun Rakernas V PDIP ini mengusung tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengab sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Rekomendasi