Sudirman Said Singgung Sosok yang Jadikan Pilkada Jakarta untuk Tangga Politik

| 25 May 2024 11:30
Sudirman Said Singgung Sosok yang Jadikan Pilkada Jakarta untuk Tangga Politik
Sudirman Said. (Antara)

ERA.id - Mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said siap maju di Pilkada Jakarta 2024. Dia menilai pentingnya pemimpin di masa transisi Jakarta sebagai daerah khusus.

Oleh karena itu, Jakarta memerlukan sosok gubernur yang juga bisa bekerja sama dengan pemerintah pusat.

"Jakarta akan mengalami transisi dari ibu kota menjadi dalam UU disebut kota global yang menjadi pusat ekonomi, pusat jasa, pusatkegiatan perekonomian, maka sebaiknya gubernur Jakarta ke depan adalah pihak yang bisa berkerja sama dengan pemerintah pusat," kata Sudirman kepada wartawan, dikutip Sabtu (25/5/2024).

Mantan Co-Captain Timnas AMIN itu lantas menyinggung adanya sosok yang menjadikann pilkada Jakarta sebagai tangga politik.

Sedangkan Jakarta, menurutnya justru membutuhkan pemimpin yang fokus menyelesaikan permasalahan di daerah tersebut.

Sebaiknya yang mimpin Jakarta itu pihak yang memang ingin fokus menyelesaikan masalah-masalah, bukan orang yang sedang nyari tangga untuk karir politik berikutnya, Jakarta jangan terus-terusan dijadikan sebagai ya batu pijak, batu loncatan," tegasnya.

Sudirman pun merasa tergerak menjadi gubernur Jakarta melihat kondisi 40 persen warganya masuk kategori miskin dan 22 persen masih tinggal di tempat kumuh.

"Itu artinya tantangan besar yang mesti dihadapi oleh pemimpin ke depan, nah oleh karena itu yang juga saya merasa, kalau ada kesempatan untuk berbuat sesuatu itulah yang menjadi perhatian kami, jadi mengangkat yang 40 persen terbawah," tegasnya.

Rekomendasi