Lulus Uji Kelayakan Bacagub Sumut, PKB Belum Tentu Usung Bobby Nasution

| 05 Jun 2024 09:00
Lulus Uji Kelayakan Bacagub Sumut, PKB Belum Tentu Usung Bobby Nasution
Bobby Nasution temui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Instagram/cakiminow)

ERA.id - Menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution menyambangi Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta, Selasa (4/6/2024). Selain bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, kedatangannya juga untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (UKK) bakal calon gubernur (bacagub) Sumatera Utara.

Kepada awak media, Bobby mengaku dirinya lulus UKK yang diadakan PKB untuk menjaring calon-calon kepala daerah.

"Kalau ujian tadi insyallah lulus, ujiannya lulus," kata Bobby, dikutip Rabu (5/6/2024).

Wali kota Medan itu mengungkapkan, banyak menjabarkan visi misinya sebagai calon gubernur untuk membangun Sumatera Utara lima tahun ke depan.

"Yang kita harapkan tadi, yang kita sampaikan ini untuk Sumatera Utara dan juga untuk sama-sama membangun Sumatera Utara, bukan hanya dari salah satu sosok, tapi dari keberadaan dari semua partai politik," ucapnya.

Disinggung soal isi pertemuan dengan Cak Imin usai menjalani UKK, Bobby mengaku membahas pula soal siapa calon wakil gubernur Sumatera Utara yang bakal mendampinginya nanti.

Terkait siapa sosok calon wakilnya, dia masih merahasiakan. Dia juga bungkam soal kriteria memilih calon wakilnya.

"Wakilnya diomongin, tapi rahasia," kata adik ipar Gibran Rakabuming Raka itu.

Terpisah, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, Bobby merupakan sosok pemimpin yang memiliki visi misi dan prestasi. Terlebih rekam jejaknya cukup mumpuni selama lima tahun memimpin Kota Medan.

Meski begitu, peluang PKB mengusung Bobby belum ada kejelasan. Walaupun lulus UKK, tetapi harus menunggu surat rekomendasi dari Ketua Umum PKB Cak Imin.

"Tahapan selanjutnya menunggu dirapatkan desk Pilkada sekaligus persetujuan Ketum PKB pak Muhaimin jadi surat keputusannya dari pak Muhaimin Iskandar," kata Jazilul.

Lagipula, di Sumatera Utara tidak hanya Bobby saja tokoh yang menonjol sebagai bacagub Sumut.

Dia lantas menyebut nama lainnya seperti mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah alias Ijeck.

"Masih ada calon lain. Pak Edy Rahmayadi juga ikut daftar di Sumut. Saya dengar bukan Pak Ijeck. Yang jelas dua nama itulah, Pak Edy dan Pak Bobby. Pak Edy sedang diatur jadwalnya," kata Jazilul.

Rekomendasi