Bukan Sekedar Anak BJ Habibie, ini Alasan NasDem Rekomendasikan Ilham Habibie di Pilgub Jabar

| 06 Jun 2024 18:15
Bukan Sekedar Anak BJ Habibie, ini Alasan NasDem Rekomendasikan Ilham Habibie di Pilgub Jabar
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan rekomendasi Ilham Habibie di Pilgub Jabar 2024. (Era.id)

ERA.id - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengungkapkan alasan partainya memberikan rekomendasi kepada Ilham Habibie maju di Pemiliha Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024.

Dia menegaskan, alasannya bukan sekedar Ilham adalah putra sulung Presiden ketiga RI BJ Habibie. Meskipun keluarga besar Partai NasDem memiliki kedekatan dengan keluarga Habibie.

"Tentu bagi kita tidak hanya sekadar mencalonkan anda dengan latar belakang hubungan kedekatan antara keluarga besar NasDem dengan orang tua kita anggap selama ini sebagai sahabat, yaitu bapak almarhum BJ Habibie," kata Surya di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

Lebih dari itu, Partai NasDem menilai Ilham merupakan sosok yang memiliki kemampuan dan profesionalitas sebagai seorang pemimpin, terutama di Jawa Barat.

"Kami juga punya keyakinan sepenuhnya, bahwasannya kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas yang anda miliki ini cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat," kata Surya.

Ilham juga dinilai memiliki rekam jejak dari latar belakang maupun edukasi yang baik, oleh karena itu, Partai NasDem ingin menjadi wadah bagi calon-calon kepala daerah dari berbagai latar belakang.

Dia berharap, kehadiran Ilham di bursa Pilgub Jabar memberikan pencerahan baru.

"Siapa yang sangka, siapa yang duga, orang menganggap ini Bung Ilham ini hanya scientist saja, ilmuwan yang duduk diam tapi ketertarikannya untuk bisa bertarung pada satu pilkada yang kita tahu medannya tidak ringan," kata Surya.

"Tapi ini proses learning by doing bagi NasDem, ini adalah proses pendidikan politik yang juga harus bisa kita jalankan bersama," imbuhnya.

Meskipun sudah memberikan rekomendasi, Partai NasDem belum tahu apakah akan mengusung Ilham sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur Jawa Barat.

Partainya masih melihat perkembangan di lapangan dan komunikasi dengan partai politik lainnya.

"Nah kita lihat situasi lapangan, tapi probabilitynya, saya pikir tergantung apa yang terbaik, seobjektif mungkin dalam penilaian melihat medan lapangan," pungkasnya.

Rekomendasi