Muncul Isu Koalisi 4+1 di Pilkada 2024, PDIP: Kami Juga Punya Strategi

| 26 Jun 2024 08:30
Muncul Isu Koalisi 4+1 di Pilkada 2024, PDIP: Kami Juga Punya Strategi
Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga. (Dok. DPP PDIP)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga mengatakan, setiap partai politik memiliki strategi masing-masing untuk memenangkan Pilkada 2024. Ia menyebut, partainya juga telah menyiapkan strategi sendiri.

Hal ini Eriko sampaikan saat disinggung soal munculnya isu koalisi 4+1 untuk bekerjasama dalam pilkada mendatang. Koalisi itu berisikan empat partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), diantaranya yaitu Gerindra, Golkar, Demokrat dan PAN. Sedangan 'plus satu' itu merujuk pada sosok Presiden Joko Widodo.

"Soal strategi masing-masing, itu kan wajar," kata Eriko kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, dikutip Rabu (26/6/2024).

"Kami juga punya strategi. Apakah mungkin ada satu partai memenangkan di semua provinsi, baik itu pilkada gubernur maupun bupati/walikota? Tidak ada. Saya jamin itu, tidak mungkin ada yang bisa memenangkan semua," sambungnya.

Eriko menyebut, PDIP juga memiliki skala prioritas. Namun, ia tidak membeberkan rincian prioritas partai berlogo banteng tersebut.

"Kita punya skala prioritas, tapi menurut saya, kalau kita punya skala prioritas, kita tidak membocorkan. Betul tidak? Ya kalau kita punya skala prioritas terus saya bocorkan ke rekan-rekan media, itu namanya bukan strategi lagi," jelas Eriko.

Menurut dia, strategi tiap partai politik bersifat dinamis. Ia menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk menentukan strategi itu. Salah satunya, yakni mendengarkan aspirasi dari generasi muda.

"Jadi, saya rasa, soal strategi itu kembali kepada masing-masing. Tetapi, apakah itu dinamis? Iya. Bagaimanapun peran daripada survei, masukan dari masyarakat, itu sangat penting, terutama dari generasi muda," ungkap dia.

Rekomendasi