Jenazah Hamzah Haz Dimakamkan di Cisarua Bogor

| 24 Jul 2024 11:09
Jenazah Hamzah Haz Dimakamkan di Cisarua Bogor
Wapres ke-9 Hamzah Haz. (Antara)

ERA.id - Wakil Presiden Indonesia ke-9, Hamzah Haz meninggal dunia pada hari ini di Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Zainut Tauhid Saadi membenarkan informasi itu dan memohon doa semoga almarhum diberikan tempat yang layak di sisi Allah SWT. 

"Iya benar. Mohon ziyadah do'a atas wafatnya Pak Hamzah Haz, Rabu 24 Juni 2024, pukul 09.30 WIB. Semoga Almarhum khusnul khotimah," ujar Zainut kepada era.id di Jakarta.

Eks Wakil Menteri Agama RI mengatakan bahwa jenazah berada di Tegalan Matraman, akan dibawa ke Bogor dan disholatkan di Bogor (Kediaman Kebon Pedes). 

"Selanjutnya dimakamkan di pemakaman Keluarga di Cisarua Bogor," katanya. 

H. Hamzah Haz (lahir 15 Februari 1940). Hamzah juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode 1998–2007.

Kiprah Hamzah Haz di dunia politik pernah menjabat sebagai Menteri para era Presiden BJ Habibie dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). 

Pada 1998, Hamzah Haz diangkat menjadi Menteri Negara Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) oleh Presiden Habibie. 

Kemudian, pada 6 Oktober 1999, Hamzah Haz terpilih sebagai Wakil Ketua DPR-RI untuk periode 1999–2004. 

Namun, beberapa minggu jadi Wakil Ketua DPR-RI, Presiden Abdurrahman Wahid memintanya menjadi menteri pada Kabinet Persatuan Nasional sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. 

Rekomendasi