BPOM Tarik Roti Okko karena Mengandung Natrium Dehidroasetat

| 24 Jul 2024 13:01
BPOM Tarik Roti Okko karena Mengandung Natrium Dehidroasetat
Roti Okko. (Antara)

ERA.id - Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan bahwa produk roti Okko (PT Abadi Rasa Food, Bandung) mengandung berupa natrium dehidroasetat. 

Kepala Bagian Humas BPOM Nelly Rachman mnegatakan bahwa BPOM melakukan inspeksi ke sarana produksi roti Okko pada 2 Juli 2024 dan menemukan bahwa produsen tidak menerapkan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) dengan benar dan konsisten. 

"Hasil pengujian terhadap sampel roti Okko dari sarana produksi dan peredaran menunjukkan adanya natrium dehidroasetat (sebagai asam dehidroasetat) yang tidak sesuai dengan komposisi pada saat pendaftaran produk dan tidak termasuk BTP yang diizinkan berdasarkan Peraturan BPOM Nomor 11 Tahun 2019 tentang Bahan Tambahan Pangan," ujar dia dalam keterangannya kepada era.id di Jakarta, rabu (24/7/2024).

Terhadap temuan ini, Nelly menambahkan, BPOM telah melakukan penghentian kegiatan produksi dan peredaran. Sebagai tindak lanjut, BPOM juga melakukan sampling dan pengujian di laboratorium.

Untuk itu, ia memerintahkan produsen roti Okko untuk menarik produk dari peredaran, memusnahkan, dan melaporkan hasilnya kepada BPOM. BPOM melalui unit pelaksana teknis (UPT) di daerah mengawal proses penarikan dan pemusnahan produk roti Okko.

Dengan demikian, BPOM terus melakukan pengawasan produk pangan secara komprehensif, meliputi pengawasan sebelum produk beredar (pre-market) hingga pengawasan setelah produk beredar (post-market) untuk menjamin keamanan produk yang dikonsumsi masyarakat.

Rekomendasi