PDIP Bahas Formulasi Duet Risma-Marzuki dengan PKB untuk Pilgub Jatim

| 26 Jul 2024 22:50
PDIP Bahas Formulasi Duet Risma-Marzuki dengan PKB untuk Pilgub Jatim
Ketua DPD PDIP Jawa Timur Said Abdullah. (Antara)

ERA.id - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim) Said Abdullah mengaku, pihaknya tengah berkomunikasi dengan PKB untuk membahas Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024. Nama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Kiai Haji Marzuki berpeluang diduetkan.

Dia mengatakan, komunikasi itu membahas formulasi siapa yang akan menempati posisi bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur. Selain PKB, PDIP juga menjalin komunikasi dengan NasDem.

"Dengan PKB lancar, kami dengan Gus Imin welcome sekali, tinggal formulasinya. Apakah Risma orang pertama, atau Marzuki yang pertama, termasuk nanti ada Nasdem," ujar Said dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (26/7/2024).

Dia menilai, Risma maupun Marzuki merupakan sosok yang cukup kuat menjadi pesaing Khofifah Indar Parawansa.

Kalau Kiai Marzuki atau Risma itu sesuatu yang hebat bagi kami,” ujar politisi yang juga Ketua Banggar DPR RI tersebut.

“Itu tokoh yang kami persiapkan, Minggu depan kami akan duduk bersama karena pasti juga ada tokoh, misal kiai Marzuki,” sambung Said.

Diketahui, PKB tengah berkomunikasi dengan PDIP untuk mempersiapkan kerja sama politik di Pilkada Jatim 2024. Kedua partai ini punya kursi lebih dari cukup untuk mengusung pasangan cagub dan cawagub.

Di sisi lain, pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sudah mengantongi dukungan dari Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat, PSI, PAN, dan Perindo.

Rekomendasi