Profil Agus Gumiwang Kartasasmita: Anak Menteri Era Soeharto hingga Loyalis Jokowi

| 14 Aug 2024 08:25
Profil Agus Gumiwang Kartasasmita: Anak Menteri Era Soeharto hingga Loyalis Jokowi
Agus Gumiwang kartasasmita (X)

ERA.id - Partai Golkar kini tengah menghadapi momen penting setelah pengunduran diri Airlangga Hartarto dari jabatan ketua umum. Nama-nama baru pengganti Airlangga pun muncul, salah satunya Agus Gumiwang Kartasasmita.

Perlu diketahui, Agus Gumiwang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum sekaligus Menteri Perindustrian. Artikel ini akan membahas profil Agus Gumiwang Kartasasmita dan beberapa hal menarik lainnya.

Profil Agus Gumiwang Kartasasmita

  1. Anak Menteri Era Soeharto

Agus Gumiwang Kartasasmita lahir di Jakarta pada 3 Januari 1969 dan merupakan putra kedua dari pasangan Ginandjar Kartasasmita, seorang menteri di era Soeharto, dan Yultin Harlotina.

  1. Riwayat Pendidikan

Masa remaja Agus dihabiskan di New York dan Massachusetts, Amerika Serikat, di mana ia menempuh pendidikan di Williston Northampton High School.

Agus kemudian melanjutkan studi di Northeastern University, Amerika Serikat, dari tahun 1987 hingga 1991.

Setelah kembali ke Indonesia, Agus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Universitas Pasundan (UNPAS) Bandung, mengambil jurusan Magister Administrasi pada tahun 2007.

Selain itu, Agus juga menempuh studi Program Doktor Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung pada tahun 2010.

  1. Karir dan Politik

Dengan latar belakang pendidikan yang solid, Agus memulai kariernya sebagai Presiden Direktur PT Agumar Eka (1994–1999) dan kemudian menjadi Komisaris PT Asiana Lintas Development sejak 2012.

Selain itu, Agus juga terlibat aktif dalam dunia politik dengan bergabung di berbagai organisasi massa, salah satunya Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

  1. Anggota DPR

Agus Gumiwang juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI pada periode 2009-2014.

Karier politiknya dimulai dari keterlibatannya sebagai pengurus GEMA, sebuah organisasi kepemudaan di bawah naungan Partai Golkar.

Selain itu, Agus juga pernah menjabat sebagai salah satu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar untuk periode 2004-2009.

Jauh sebelumnya, pada periode 1997-1999 Agus juga menjadi anggota MPR mewakili Gapensi. Dalam Pemilu 2009, Agus terpilih sebagai anggota DPR, mewakili daerah pemilihan Jawa Barat II.

  1. Loyalis Jokowi

Agus Gumiwang telah menjadi pendukung setia Jokowi sejak pencalonan presiden pada periode pertama tahun 2014. Padahal pada saat itu, Partai Golkar yang dipimpin oleh Ketua Umum Aburizal Bakrie memilih mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dalam Pilpres 2014 melalui Koalisi Merah Putih (KMP).

Agus Gumiwang telah menjadi pendukung setia Jokowi (X)

Kendati demikian, Agus Gumiwang memilih untuk mendukung Jokowi dalam Pilpres tersebut. Keputusan Agus untuk mendukung Jokowi, yang berbeda dengan pilihan partainya, mengakibatkan pemecatannya dari Partai Golkar.

Selain itu, beberapa elit Golkar lainnya juga mengalami pemecatan karena memiliki pandangan yang berbeda terkait Pilpres 2014.

  1. Berseberangan dengan ARB?

Setelah Pilpres 2014, Agus Gumiwang memilih untuk menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar yang diselenggarakan oleh kubu Agung Laksono di Ancol, Jakarta, daripada Munas Golkar di Bali yang diadakan oleh Aburizal Bakrie (ARB).

Dalam Munas Golkar Ancol, Agus direkomendasikan sebagai Wakil Ketua DPP Golkar dan Ketua Fraksi Golkar di DPR. Namun, rekomendasi tersebut tidak terealisasi karena pengadilan memutuskan kemenangan bagi kepemimpinan Golkar di bawah Aburizal Bakrie.

Selain profil Agus Gumiwang Kartasasmita, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi