Ungkit Keberhasilan Pemilu, Megawati Sebut Pilkada Saat Ini Jadi Momentum Unjuk Kekuasaan

| 22 Aug 2024 15:25
Ungkit Keberhasilan Pemilu, Megawati Sebut Pilkada Saat Ini Jadi Momentum Unjuk Kekuasaan
Megawati singgung Pilkada (Dok. PDIP)

ERA.id - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengakui telah mencermati fenomena politik yang berkembang saat ini. Ia menyebut pilkada dijadikan momentum untuk unjuk kekuasaan.

"Padahal saya sudah ngomong, saya ini loh penanggungjawab pemilu langsung. Ingat lho dan berhasil dengan baik," kata Megawati di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Ia menjelaskan sebab ia dapat berhasil dengan baik melaksanakan pemilu karena tidak menggunakan kekuasaan. Ia berada di posisi netral.

"Saya ingat waktu itu Ketua Mahkamah Konstitusi Pak Jimly tanya pada saya, ibu mau melakukan gugatan atau tidak. Nggak ah, kalau gugatan itu berapa lama lagi, yang penting rakyat sudah mempunyai hak untuk melakukan haknya memilih, tidak seperti dulu perwakilan," kata Megawati.

Ia mempertanyakan apakah mau dibodohi. Padahal rakyat tidak bodoh dan punya hati nurani. Ia menyebut saat diserang secara nasional, rakyat turun ke bawah. 

"Jangan lupa saya presiden ke 5 yang jalankan pemilu langsung. Jadi saya tahu taktiknya mau melakukan hal-hal yang tidak benar. Makanya saya lindungi rakyat. Makanya saya berhasil," kata Megawati.

Rekomendasi