RK Tak Masalah Ada Warga Jakarta yang Tak Suka Dirinya: Menunjukkan Demokrasi Sehat

| 31 Aug 2024 19:15
RK Tak Masalah Ada Warga Jakarta yang Tak Suka Dirinya: Menunjukkan Demokrasi Sehat
Bakal calon wakil gubenur Jakarta, Ridwan Kamil usai menjalani tes kesehatan untuk Pilgub Jakarta 2024. (Era.id/Sachril Agustin)

ERA.id - Bakal calon (bacalon) Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) tak mempermasalahkan jika ada warga yang menolaknya di Pilgub Jakarta 2024. Menurutnya hal itu merupakan sebuah demokrasi yang sehat.

"Dalam politik Pemilu biasa aja, dulu juga saya begitu. Karena menunjukkan demokrasi sehat, ada yang setuju, ada yang tidak setuju. Ada yang protesnya di medsos, ada yang protesnya di spanduk, nggak ada masalah," kata RK di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2024).

Hal terpenting bagi RK jika ingin menunjukkan ketidaksukaan atau penolakan adalah dengan tidak melanggar aturan. Contohnya, seperti membuat vandalisme.

Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) ini pun mengakui dirinya tak mungkin disenangi semua orang.

"Karena tidak mungkin semua orang senang semua. Atau semua orang benci semua juga nggak mungkin. Di dalam demokrasi selalu ada orang menyukai, orang tidak menyukai, itu hanya bentuk ekspresi tidak ada masalah," ucapnya.

Diketahui, ada tiga pasangan calon (paslon) yang mendaftar sebagai cagub-cawagub Jakarta 2014, yakni Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Ridwan Kamil dan Pramono telah menjalani tes kesehatan. 

Untuk paslon Dharma dan Kun akan menjadi pengecekan kesehatan pada Minggu (1/9/2024) besok.

Rekomendasi