Buat yang Mau Daftar PNS, Begini Cara Cek E Meterai Asli atau Palsu

| 03 Sep 2024 19:45
Buat yang Mau Daftar PNS, Begini Cara Cek E Meterai Asli atau Palsu
Cara cek e meterai asli atau palsu (X Online Pajak)

ERA.id - E-meterai kini telah umum digunakan untuk keperluan berbagai dokumen resmi, termasuk persyaratan pendaftaran dokumen CPNS. Namun, maraknya kasus pemalsuan dokumen mendorong kita untuk lebih waspada. Lantas bagaimana cara cek e meterai asli atau palsu?

Artikel ini akan membahas langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk memverifikasi keaslian e-meterai.

Cara Cek E Meterai Asli atau Palsu

Penting untuk Anda ingat bahwa e-meterai asli hanya dapat diaplikasikan pada dokumen dalam format PDF. Untuk itu, hindari membeli file dalam format Word dari penjual e-meterai.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa karakteristik e-materai palsu berbeda dengan materai fisik palsu. Untuk memastikan keaslian e-meterai, dilansir dari laman UMSU berikut ini ciri-ciri berikut:

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Cara Beli Meterai Elektronik

  • Kode unik: Setiap e-meterai memiliki kode unik yang berbeda-beda. Jika menemukan e-meterai dengan kode yang sama, sebaiknya waspada.
  • Gambar Garuda: Periksa ketelitian gambar Garuda pada e-meterai. Mulai dari warna hingga arah kepala, pastikan sesuai dengan standar.
  • Ejaan yang benar: Pastikan tulisan pada e-meterai adalah "Meterai Elektronik", bukan "Materai Elektronik".
  • Nominal harga: Periksa apakah nominal harga tertera dengan jelas, baik dalam bentuk angka maupun huruf kapital

Cek di Laman Resmi Peruri

Untuk memastikan keaslian e-Meterai, Anda juga dapat memanfaatkan layanan verifikasi yang disediakan oleh Peruri. Anda dapat mengunjungi situs web resmi Peruri di https://verification.peruri.co.id/.

Kemudian pada halaman utama, Anda akan menemukan fitur untuk mengunggah dokumen. Caranya, cukup unggah file PDF yang memuat e-Meterai yang ingin Anda cek.

Setelah itu, lengkapi proses verifikasi dengan mengikuti petunjuk yang diberikan, seperti mengisi captcha dan menyelesaikan tantangan "I'm not a robot".

Sistem akan memproses data Anda dan menampilkan hasil verifikasi secara detail. Informasi yang akan ditampilkan meliputi status keaslian e-Meterai, tanggal penerbitan, nomor seri unik, dan data relevan lainnya.

cara validasi e-meterai dengan Peruri Scanner (X)

Bagaimana cara validasi e-meterai melalui aplikasi?

Untuk memastikan keaslian e-materai, Peruri telah menyematkan beberapa lapisan keamanan. Lapisan pertama adalah fitur keamanan yang dapat dilihat secara langsung, seperti desain grafis yang khas dan kode unik.

Kemudian ada lapisan kedua melibatkan teknologi yang lebih canggih, dimana fitur keamanan tersembunyi hanya dapat terbaca melalui perangkat khusus.

Terakhir, Peruri juga memiliki laboratorium forensik yang dilengkapi peralatan khusus untuk memeriksa keaslian e-meterai secara mendalam.

  1. Menggunakan PDF Reader

Kemudian salah satu metode untuk memastikan keaslian e-Meterai adalah dengan memanfaatkan fitur "Signature Panel" yang umumnya tersedia pada aplikasi pembaca PDF. Fitur ini akan secara otomatis menganalisis tanda tangan digital pada dokumen dan menampilkan hasil verifikasi.

Kemudian akan ada informasi yang ditampilkan meliputi status tanda tangan (misalnya, "Ditandatangani dengan Materai Elektronik"), kode unik e-Meterai, alasan penempatan, lokasi penempelan, serta waktu terakhir kali dokumen diedit.

  1. Peruri Scanner

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Peruri Code Scanner untuk mengecek keaslian e-meterai.

Caranya, adalah dengan mengunduh aplikasi ini di Play Store atau App Store, lalu scan QR code pada e-meterai menggunakan aplikasi tersebut.

Jika e-meterai asli, aplikasi akan menampilkan tanda verifikasi dari Peruri beserta informasi lengkapnya. Untuk memastikan, Anda bisa cocokkan nomor unik yang tertera dengan data di aplikasi PDF Reader.

Selain cara cek e meterai asli atau palsu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi