Gerindra Klaim Kabinet Gemuk Prabowo-Gibran Bakal Lebih Efektif

| 17 Sep 2024 14:25
Gerindra Klaim Kabinet Gemuk Prabowo-Gibran Bakal Lebih Efektif
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani sebut kabinet gemuk Prabowo-Gibran bakal efektif. (Era.id/Gabriella Thesa).

ERA.id - Jumlah kementerian di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipastikan bertambah dan lebih gemuk, dibandingan dengan kabinet era Presiden Joko Widodo.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengklaim, gemuknya kabinet mendatang justru akan lebih efektif.

"Justru harapannya bisa lebih efektif karena ada fokus dari kementerian yg tersentral di situ," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Dia mengakui bahwa jumlah kementerian mendatang akan bertambah. Nantinya, ada sejumlah kementerian yang dipisah menjadi kementerian baru.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar program-program pemerintahan Prabowo-Gibran lebih fokus dan terarah.

"Harapannya kan dengan penambahan menteri itu lebih fokus pada pelaksanaan program. Lebih fokus pada penamaan program karema ada beberapa kementerian yang memang digabung tapi kemudian dalam pelaksanaan di lapangan kementerian tersebut ada bidang-bidang yang tertinggal," kata Muzani.

"Harapan Pak Prabowo adalah menteri-menteri yang akan datang lebih fokus kepada penanganan program yang itu dilakukan dengan cara melakukan pemisahan dari kementerian-kementerian lain," imbuhnya.

Soal apa saja kementerian yang akan dipisah, Muzani mengaku tak tahu. Sebab hingga saat ini hal tersebut masih dibahas.

Namun, semua masukan akan dipertimbangkan. Prabowo, kata Muzani, tentunya menginginkan agar program-program kerjanya untuk lima tahun ke depan berjalan maksimal.

"Kalau itu bisa di handle dari kementerian yang sudah ada, pada prinsipnya beliau tidak keberatan. Tapi kalau ternyata ada sektor, ada kemampuan yang bisa lebih maksimal lagi, beliau ingin itu bisa lebih maksimal," ujar wakil ketua MPR.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengaku mendengar obrolan warung kopi soal jumlah kementerian di era kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, jumlah kemeterian ke depan bakal bertamnah menjadi 44.

Hal itu disampaikan dalam sambutannya saat membuka Turnamen Bulu Tangkis Piala Pimpinan DPR dan MPR di GOR DPR, Senanyan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

"Nanti, dari 34 (kementerian) menjadi 44 (kementerian). Ya mudah-mudahan, kawan-kawan kita yang hari ini di DPR berkesempatan untuk menjadi eksekutif," kata Bamsoet.

Rekomendasi