Belum Final, Susunan Kabinet Prabowo-Gibran Ditarget Rampung Sebelum Pelantikan

| 30 Sep 2024 12:55
Belum Final, Susunan Kabinet Prabowo-Gibran Ditarget Rampung Sebelum Pelantikan
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, hingga saat ini nomenklatur maupun susunan kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum final. Susunan kabinet masih dinamis.

"Nomenklatur kabinet itu masih fluktuatif, masih dinamis, begitu juga dengan nama-nama (menteri) terutama dari parpol yang proporsinya tidak terlalu lebih besar daripada profesional," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Menurutnya, Prabowo menargetkan akan merampungkan susunan kabinet sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

"Mungkin fix final kabinet itu agak lama ya, tetapi tentunya presiden terpilih punya target kemungkinan H-5 sudah selesai," kata Dasco.

Soal kabar adanya sejumlah tokoh menemui Prabowo di Hambalang ada kaitannya dengan susunan kabinet dan calon menteri, dia membantah.

Dasco menegaskan, kediaman Prabowo di Hambalang rutin menjadi tempat diskusi. Kalaupun ada yang diundang, hal itu tidak berkaitan dengan pembahasan kabinet.

"Di Hambalang itu memang rutin diadakan diskusi-diskusi jadi setiap Jumat dan Sabtu ada diskusi-diskusi dan itu memang mengundang beberapa tokoh-tokoh perpolitikan di nasional. Sehingga sudah saya jelaskan kemarin bahwa tidak ada korelasinya dengan pemanggilan calon-calon menteri," tegasnya.

Dasco belum bisa membocorkan siapa yang akan menjadi menteri karena hal tersebut merupakan hak prerogatif Prabowo sebagai presiden.

"Ya tadi saya bilang bahwa susunan kabinet masih dinamis sehingga saya belum bisa memberikan jawaban yang pasti dan nanti kita akan sama-sama lihat karena itu adalah prerogatif daripada presiden terpilih nah seperti apa nanti postur kabinetnya, nanti kita akan lihat pada waktunya nanti," kata Dasco.

Rekomendasi