Putri Mendiang Waketum Komisi III Akan Dilantik Jadi Anggota DPR Termuda, Siapa?

| 01 Oct 2024 08:00
Putri Mendiang Waketum Komisi III Akan Dilantik Jadi Anggota DPR Termuda, Siapa?
DPR Termuda (Antara)

ERA.id - Enam anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) termuda dan tertua akan dilantik untuk periode 2024-2029. Mereka akan dilantik dalam rapat paripurna perdana yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Berdasarkan data dari Kesekjenan DPR RI, Annisa M.A Mahesa menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat termuda yang akan dilantik, Selasa (1/10). Annisa merupakan putri dari almarhum politikus Desmond J Mahesa, yang pernah menjabatsebagai Wakil Ketua Komisi III.

Annisa mewakili daerah pemilihan (dapil) Banten II, yang tercatat masih berusia 23 tahun 2 bulan dan 15 hari. Perempuan yang memiliki nama lengkap Annisa Maharani Alzahra Mahesa ini mengantongi suara 122.407 pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, dari Partai Gerindra.

Selain Annisa, anggota dewan termuda yang dilantik adalah Muhammad Rohid dengan usia 24 tahun 10 bulan dan 14 hari. Rohid mewakili daerah pemilihan (dapil) Riau II dari Partai Gerindra.

Kemudian Cindy Monica Salsabila Setiawan dari Partai NasDem dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat II dengan usia 24 tahun 10 bulan 14 hari.

Sementara itu, untuk anggota legislatif tertua adalah H. Zulfikar Achmad dari Partai Demokrat. Zulfikar mewakili daerah pemilihan (dapil) Jambi dengan usia 78 tahun 4 bulan 15 hari.

Zulfikar yang lahir pada 17 Mei 1946 memperoleh suara 50.927 pada pemilihan legislatif.

Anggota DPR tertua kedua berasal dari Partai Demokrat yang berusia 77 tahun 2 bulan 30 hari. Dia adalah Drs. H. Guntur Sasono yang mewakili daerah Jawa Timur VIII.

Setelah Guntur, anggota legislatif tertua yang juga akan dilantik datang dari Partai Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Selatan I. Dia adalah Drs. H. Kahar Muzakir yang berusia 77 tahun 9 bulan 21 hari ketika dilantik hari ini.

Rekomendasi