Puan Janjikan DPR Jadi Rumah Aspirasi Demi Kebalikan Kepercayaan Rakyat

| 01 Oct 2024 20:40
Puan Janjikan DPR Jadi Rumah Aspirasi Demi Kebalikan Kepercayaan Rakyat
Pimpinan DPR periode 2024-2029. (Istimewa).

ERA.id - Ketua DPR dua periode, Puan Maharani menjanjikan parlemen sebagai rumah aspirasi rakyat. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap lembaga yang dipimpinnya.

Puan menjadi sorotan sebab mencetak sejarah memimpin DPR selama dua periode. Namun, di kepemimpinannya yang pertama, tercatat banyak mendapat kritikan dari masyarakat.

"DPR akan membuka ruang pintu aspirasi rakyat selebar-lebarnya dan menampung aspirasi rakyat itu untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Dia mengatakan, apabila ada aspirasi masyarakat yang belum tertampung di periode yang lalu, maka DPR periode 2024-2029 melalui alat kelengkapan dewan (AKD) akan mengakomodasi.

"Tentu kita bersama akan membuka ruang-ruang untuk bisa menindaklanjuti hal tersebut dengan diberikan kepada komisi-komisi dan AKD yang kalau kemarin mungkin belum tertampung, nanti ke depannya akan ada komisi-komisi yang nanti bisa menampung aspirasi rakyat yang kemarin belum tertampung," kata Puan.

Puan menerangkan, membangun citra DPR yang semakin dipercaya oleh rakyat harus dilakukan melalui kerja bersama seluruh anggota dewan.

“Hanya kita sendiri, Anggota DPR RI, yang dapat menjaga kehormatan dan marwah lembaga DPR RI. Marilah kita bangun bersama DPR RI yang semakin dekat dengan rakyat, semakin dipercaya rakyat, dan dapat mensejahterakan rakyat,” ungkap Puan.

"Marilah kita bangun bersama DPR RI yang semakin dekat dengan rakyat, semakin dipercaya rakyat, dan dapat mensejahterakan rakyat," pungkasnya.

Rekomendasi