Jelang Pelantikan Presiden, Prabowo Segera Undang Calon Menteri

| 12 Oct 2024 09:00
Jelang Pelantikan Presiden, Prabowo Segera Undang Calon Menteri
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Dok. DPR RI)

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, presiden terpilih Prabowo Subianto akan segera memanggil para calon menteri untuk pemerintahan mendatang.

Proses seleksi calon menteri secara tatap muka dengan Prabowo masih terus dibahas. Undangan kepada calon menteri akan diputuskan akhir pekan ini.

"Proses pemanggilan ini masih pengundangannya masih dibicarakan, kemungkinan baru besok atau minggu baru final, kemudian baru akan dilakukan pengundangan kepada para calon," kata Dasco dikediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, dikutip Sabtu (12/10/2024).

Meski begitu, dia enggan membocorkan di mana lokasi pertemuan Prabowo dengan para calon menterinya dilakukan. Dia juga tak mau mengungkap nama-namanya.

Dia hanya menyampaikan bahwa para calon menteri memang harus bertemu dengan Prabowo terlebih dahulu sebelum resmi masuk ke kabinet mendatang.

"Saya belum tahu, tergantung Sabtu atau Minggu, apakah itu akan terbuka, apakah itu kemudian bagaimana. Tapi saya pikir, cepat atau lambat kan ini dari tanggal 15 ke tanggal 20 itu pun ya mungkin belum tau lah nanti," kata Dasco.

Diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober 2024.

Rencananya, sehari setelah pelantikan, yaitu pada 21 Oktober, Prabowo akan mengumumkan kabinetnya.

Sebelumnya, Dasco membocorkan tahapan seleksi calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Seleksi dilakukan langsung oleh Prabowo dan tim khusus.

"Ya yang pertama tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu kemudian finalisasi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/10).

Dia menyebut, calon-calon menteri akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test, setelah itu dilanjutkan dengan tatap muka.

"Nanti akan ada semacam fit and proper, walaupun sudah dilakukan oleh tim tapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatal muka, untuk kemudian dalam tahap finalisasi," kata Dasco.

Rekomendasi