Momen Jokowi Tinggalkan Istana Negara Menuju Solo, Sapa Warga di Pesta Rakyat Bundaran HI

| 20 Oct 2024 15:37
Momen Jokowi Tinggalkan Istana Negara Menuju Solo, Sapa Warga di Pesta Rakyat Bundaran HI
Jokowi pamit (Era.id/Sachril Agustin)

ERA.id - Presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Jaktim) untuk pulang ke Solo dari Istana Negara, Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (20/10/2024) siang.

Pantauan ERA di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, sejumlah warga sudah memadati sisi jalan untuk menunggu kedatangan Jokowi. Mereka membentuk barisan di kedua sisi lajur.

Polisi dan TNI melakukan penjagaan agar masyarakat tak menghalangi rombongan Jokowi yang melintas. Sekira pukul 14.22 WIB, iring-iringan mobil Jokowi melintas dengan dikawal Paspampres.

Mantan Gubernur Jakarta ini naik mobil MV3 Garuda Limousine bewarna putih dengan pelat INDONESIA 1. Diketahui, mobil itu sebelumnya dipakai Prabowo saat dilantik menjadi Presiden periode 2024-2029.

Jokowi tersenyum ketika masyarakat berteriak memanggil namanya. Dia sesekali memberi salam dan hormat ke orang-orang yang telah menunggunya.

Sebelumnya, Jokowi didampingi Iriana Jokowi dijadwalkan pulang ke Solo, Jawa Tengah, melalui jalur udara menggunakan pesawat TNI AU jenis Boeing B737 A7309 dari Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu sore.

"Nanti beliau akan kembali ke Solo menggunakan pesawat TNI AU," kata Head of Presidential Communication Office Hasan Nasbi dikonfirmasi di Jakarta.

Hingga pukul 13.00 WIB, pesawat berwarna hijau muda dengan motif garis merah putih di sekeliling badan pesawat sudah tampak terparkir di Lanud Halim Perdanakusuma.

Terdapat pula pesawat Boeing A-7306 milik TNI AU berwarna putih yang disiapkan untuk mengangkut sejumlah barang bawaan Jokowi. Selain itu juga tampak empat pesawat tempur yang disiapkan TNI AU untuk mengawal pesawat Jokowi selama di udara hingga mendarat di Solo.

Hasan mengatakan Presiden Prabowo Subianto diagendakan turut melepas kepulangan Jokowi ke Solo di Lanud Halim. Selain itu juga turut hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) periode 2019–2024.

"Presiden Ke-8 RI rencananya juga akan mengantarkan sampai ke Halim. Para menteri Kabinet Indonesia Maju rencana akan ikut melepas keberangkatan Pak Jokowi ke Solo di Bandara Halim sore ini," katanya.

Rekomendasi