Menteri UMKM Maman Abdurrahman Ungkap Agenda 100 Hari Pertama, Apa Saja?

| 21 Oct 2024 17:00
Menteri UMKM Maman Abdurrahman Ungkap Agenda 100 Hari Pertama, Apa Saja?
Menteri UMKM Maman Abdurrahman. (Antara/Hafidz Mubarak A/app/Spt.)

ERA.id - Presiden Prabowo Subianto menunjuk politikus Partai Golkar, Maman Abdurrahman, sebagai Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kabinet Merah Putih 2024-2029. Maman pun mengungkapkan harapan Prabowo agar sektor UMKM bisa berkembang dan naik kelas. 

"Ya harapan Pak Prabowo agar sektor UMKM bisa naik berkembang karena ini backbone ekonomi negara," ujarnya di Istana Merdeka, Senin (21/10/2024).

Pria kelahiran Pontianak, 10 September 1980 itu juga mengungkapkan akan mengevaluasi sumber pendanaan UMKM.

"Ini akan kita jadikan catatan dan evaluasi terkait sumber pembiayaan dan pendanaan. Kita mau kombinasikan sektor formal dan informal dan kita cari yang terbaik. Terkait isu macam jaminan dan sebagainya kami akan carikan solusi," ucapnya.

Perihal agenda 100 hari pertama di kabinet, Maman ingin memastikan konsolidasi struktur berjalan lancar. Karena seperti diketahui, pada pemerintahan Prabowo, Kementerian UMKM dipisahkan dari Kementerian Koperasi (Kemenkop).

"Kita (Kementerian UMKM berkantor) di Smesco Indonesia. Yang di Rasuna Said akan jadi kantor Kemenkop, yang di Gatsu akan jadi rumah UMKM Indonesia," ujarnya.

Saat ditanya target Prabowo ke depannya, Maman menjawab adanya supply chain antara industri kecil menengah dan besar.

Rekomendasi