Dilantik Jadi Menteri Kebudayaan, Fadli Zon Janji Repatriasi Benda Cagar Budaya Indonesia

| 21 Oct 2024 18:15
Dilantik Jadi Menteri Kebudayaan, Fadli Zon Janji Repatriasi Benda Cagar Budaya Indonesia
Fadli Zon (Era.id/Khalisotussurur)

ERA.id - Menteri Kebudayaan RI, Fadli Zon, memastikan akan mengambil kembali benda-benda cagar budaya milik Indonesia. Hal ini menjadi salah satu tugas khsusu dari Presiden RI, Prabowo Subianto.

"Oh kalau itu sih sudah pasti ya, itu kan dari waktu ke waktu akan lebih banyak lagi kita harapkan," kata Fadli Zon, di Komplesk Istana Presiden, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Bukan hanya itu saja, politikus Partai Gerindra itu juga menyampaikan bahwa dirinya mendampat tugas khusus dari Presiden RI Prabowo Subianto soal kebudayaan.

"Saya kira banyak lah, termasuk dari mulai heritage dan juga produk-produk budaya baru yang sekarang ya," ujarnya.

"Tentu saja film, musik, dan saya kira banyak lagi. Indonesia ini sangat kaya budaya dan budaya ini harus pun jadi kekayaan nasional kita, national treasure," tegasnya menambahkan.

Diketahui Belanda baru saja mengembalikan benda-benda cagar budaya milik Indonesia. Museum Nasional Indonesia menerima 288 benda cagar budaya dari Belanda, termasuk arca Ganesha, arca Brahma, hingga koleksi sejarah Perang Puputan Bandung dan Puputan Tabanan.

Sejauh ini, pemerintah Indonesia tengah mengupayakan pengembalian benda-benda cagar budaya dari India melalui cara repatriasi. Repatriasi benda bersejarah sendiri merupakan suatu proses pengembalian benda-benda budaya yang diambil atau diperoleh secara ilegal dari negara asalnya.

Rekomendasi