Kemenekraf Bikin Program Emak-Emak Matic, Apa Lagi?

| 23 Apr 2025 17:16
Kemenekraf Bikin Program Emak-Emak Matic, Apa Lagi?
Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya (kiri) menyampaikan pentingnya peran perempuan dalam industri kreatif usai mengikuti acara Creators Lab x Emak-Emak Matic di Makassar, Rabu (23/4/2025). ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti

ERA.id - Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) berupaya memberdayakan kemampuan perempuan, khususnya ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui program Emak-Emak Melek Teknologi (Emak-Emak Matic).

“Semangatnya adalah untuk mendukung para kaum perempuan untuk memberikan pelatihan ekstra, pelatihan-pelatihan bagaimana di zaman digital ini mereka bisa punya pendapatan tambahan," kata Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya usai acara Creators Lab x Emak-Emak Matic di Makassar, Rabu (23/4/2025), dikutip dari Antara.

Mengutip data milik Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Riefky menyebut tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan berada di kisaran 50 persen selama 20 tahun terakhir. Angka itu jauh di bawah TPAK laki-laki yang sudah mencapai 80 persen.

Padahal, katanya, pekerjaan informal bisa menjadi pilihan karena berdasarkan data, sekitar 66 persen pekerja informal di Indonesia adalah perempuan.

Dengan adanya potensi besar dari keterlibatan perempuan dalam menggerakkan ekonomi nasional, program itu akan meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan melalui kegiatan ekonomi berbasis digital yang dapat dilakukan dari rumah.

Para perempuan yang berpartisipasi juga diberikan pelatihan keterampilan digital dan keterampilan ekonomi berbasis rumah yang relevan.

“Kita tidak ingin pelatihan selesai, pulang.Tapi bagaimana hasil dari pelatihan ini benar-benar bermanfaat untuk ibu-ibu semua. Di tengah waktu lenggang bisa berjualan dari rumah,” ucap Riefky.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa program besutan Kemenekraf itu dapat dikolaborasikan dengan program lainnya, seperti program milik Tokopedia dan TikTok Shop bertajuk “Creators Lab” yang sudah berlangsung di Bekasi dan Tangerang, dan akan berlanjut ke 10 kota lain, termasuk Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kami menargetkan memberdayakan 10.000 perempuan dan generasi muda hingga akhir tahun melalui program Emak-Emak Matic. Kami sangat mengapresiasi keterlibatan Tokopedia dan TikTok Shop lewat Creators Lab dalam melatih peserta yang didominasi ibu rumah tangga untuk menjadi kreator TikTok yang bisa mendapatkan penghasilan dengan mempromosikan produk UMKM lokal di TikTok Shop,” katanya.

Rekomendasi