Purnomo Positif COVID-19, Jokowi dan Gibran Langsung 'Swab Test'

Tim Editor

Presiden Jokowi (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo dan putranya Gibran Rakabuming akan menjalani swab test Polymerase Chain Reaction (PCR) setelah mendapat kabar Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif terjangkit COVID-19. Jokowi dikabarkan sempat bertemu pada Kamis (16/7/2020) sehari sebelum DPP PDI Perjuangan mengumumkan resmi mengusung putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo di Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan sebenarnya Presiden Jokowi beserta keluarga dan staf memang rutin melakukan swab test. Namun, kebetulan hari ini Jokowi dan perangkat Istana Kepresidenan memang dijadwalkan untuk mengukuti tes rutin tersebut.

"Jadwal bapak presiden memang hari ini jadwal tes kesehatan rutin," ujar Heru kepada wartawan, Jumat (24/7/2020).

Heru mengatakan, sebenarnya pihak istana telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk wajib rapid test bagi setiap tamu yang datang menemui Presiden Jokowi ataupun mengunjungi Istana Presiden baik di Jakarta maupun di Bogor, Jawa Barat. Selain itu, kata Heru, Presiden Jokowi dan keluarga serta seluruh staf memang memiliki jadwal wajib melakukan swab test

Namun, setelah mendengar kabar Achmad Purnomo positif COVID-19, maka jadwal swab test Presiden Jokowi beserta keluarga dan staf akan dipercepat. Meski demikian, Heru memastikan lingkungan Istana Presiden akan tetap steril.

Baca juga: Wakil Wali Kota Surakarta Purnomo Positif COVID-19

"Saya yakin dan semoga istana tetap steril contoh saja saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan bapak presiden," ucapnya.

Sementara Gibran yang saat ini berada di Solo, Jawa Tengah juga diketahui tengah menjalani rapid test dan swab test. Dia seharusnya dijadwalkan ikut dalam acara diskusi yang diadakan oleh DPP PDIP, namun karena harus melakukan swab test, Gibran tak bisa mengikuti acara tersebut hingga selesai.

"Saya mau melanjutkan pemeriksaan ini, saya habis rapid test, saya mau swab test sekalian ini. Itu dulu ya, saya sudah ditunggu dokter ini," kata Gibran dalam acara diskusi yang dilakukan secara daring, Jumat (24/7/2020).

Saat ditanya lebih lanjut di kolom chat aplikasi zoom, Gibran mengatakan tes yang dijalaninya hari ini hanyalah tes rutin dan tak ada hubungannya dengan kabar Achmad Purnomo yang dinyatakan positif COVID-19. Gibran bahkan mengaku belum bertemu dengan Achmad Purnomo sejak dia dan Teguh Prakosa mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP.

"Saya belum bertemu dengan Pak Purnomo pasca rekomendasi turun. Ini hanya pemeriksaan rutin saja kok. Ini hasil rapid test juga negatif," tutupnya.

Dari informasi yang dihimpun, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo kemudian membenarkan politikus PDIP itu positif. Dia mengatakan Purnomo diketahui positif COVID-19 setelah dua kali menjalani uji swab dengan metode RT-PCR.

Adapun pada tanggal 16 Juli 2020, Achmad Purnomo diketahui bertemu dengan Presiden Joko Widodo bertemu sehari sebelum DPP PDIP mengumumkan resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon Wali Kota di Pemilihan Wali Kota Solo 2020.

 

Tag: jokowi gibran calon walikota solo covid-19 covid-19 di indonesia bisnis tes covid-19

Bagikan: