Wakil Wali Kota Surakarta Purnomo Positif COVID-19

| 24 Jul 2020 16:44
Wakil Wali Kota Surakarta Purnomo Positif COVID-19
Wakil Wali Kota Surakarta Purnomo (Dok. Antaranews)

ERA.id - Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo dinyatakan positif terjangkit COVID-19 berdasarkan hasil tes usap pada 18 Juli 2020. Saat ini ia mengisolasi diri secara mandiri.

"Iya positif, saat ini beliau sedang menjalani isolasi mandiri," kata Kepala Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surakarta Ahyani di Solo dikutip dari Antaranews (24/7/2020), Jumat.

Usai mengikuti tes usap, Purnomo sempat mengikuti rapat paripurna. Bahkan, pada Kamis (16/7/2020) Purnomo memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Oleh karena itu, nantinya akan ada tes usap hasil penelusuran kontak erat Purnomo.

"Hasilnya (tes usap Purnomo) keluar kalau tidak hari Rabu, Kamis. Namun sejak kemarin beliau sudah diminta istirahat, ini tadi juga tidak ikut mider projo," katanya.

Baca juga: PKS Bantah 'Rayu' Achmad Purnomo Jadi Pesaing Gibran

Ia mengatakan penelusuran tidak dilakukan kepada semua yang berinteraksi dengan Purnomo namun hanya yang berkontak dekat dan erat.

Sementara itu, saat dihubungi Purnomo enggan menjelaskan statusnya. Ia meminta agar kondisinya langsung ditanyakan ke Dinas Kesehatan. Meski demikian, hingga saat ini tidak ada keluhan yang dirasakan. 

Ia sudah mengikuti tes usap sebanyak dua kali, yaitu pada hari Jumat dan Sabtu minggu lalu. Ia mengatakan pada tes usap pertama hasilnya negatif.

"Kalau yang kedua hasilnya tendensi positif, jadi belum bisa disimpulkan," katanya.

Rekomendasi