Dinkes Sleman Bantah Bupati Sleman Positif COVID-19 Karena Vaksinasi

| 22 Jan 2021 19:30
Dinkes Sleman Bantah Bupati Sleman Positif COVID-19 Karena Vaksinasi
Ilustrasi pencarian COVID-19 (Era.id)

ERA.id - Kadinkes Sleman dr. Joko Hastaryo menegaskan kondisi positif Bupati Sleman Sri Purnomo tidak ada hubungannya dengan vaksinasi COVID-19 pada 14 Januari 2021 bersamaan dengan 10 tokoh lainnya. Ia menyebut aktivitas Bupati Purnomo memang padat.

"Kalau baru sekali diberikan vaksin belum memberikan efek kekebalan atau pembentukan anti bodi belum memadai sehingga harus diberikan booster/suntikan kedua, yang akan membentuk kekebalan secara optimal," kata dr Joko dalam keterangannya, Jumat (22/1/2021).

Ia mengungkapkan Bupati Purnomo memang bertemu banyak tamu. Ia menduga kondisi positif COVID-19 karena tertular dari pertemuan-pertemuan tersebut.

"Saat ini sudah dilakukan tracing terhadap istri dan anak dan hasilnya dinyatakan negatif. Untuk Jum’at 22 Januari akan dilakukan tracing terhadap staf yang melakukan kontak erat dengan beliau di lingkup Sekretariat Kabupaten Sleman di Pendopo Parasmya," katanya.

Terkait hal ini, Sekda Sleman Hardo Kiswoyo mengatakan saat ini Bupati Purnomo melakukan isolasi mandiri di Rumah Dinas Bupati. Kondisi saat ini setelah CT Scan Thorax di rumah sakit, hasilnya paru-paru bersih. 

"Kondisi saat ini dalam keadaan baik dan tidak ada gejala apapun, walaupun Rabu malam sempat demam mencapai 37,6 derajat celsius dan batuk ringan," katanya.

Bupati Sleman akan melakukan isolasi mandiri di Rumah Dinas. Bupati Purnomo juga tetap menjalankan tugas pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan secara daring dari Rumah Dinas Bupati.

"Program pemberian pemberian vaksin akan tetap berjalan sesuai dengan yang amanat dari Pemerintah Pusat dan diharapkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif untuk mensukseskan program vaksin COVID-19 agar kondisi masyarakat Sleman segera terhindar dari COVID-19 dan terus menjalankan protokol kesehatan secara lebih disiplin," katanya.

Untuk diketahui, Bupati Sleman Sri Purnomo positif COVID-19, setelah sempat disuntik vaksin Sinovac. Berdasarkan hasil swab antigen yang dilakukan Rabu, 20 Januari 2021 dinyatakan Positif dan diulangi dengan test PCR hasilnya juga positif. 

Rekomendasi