Jokowi Akui Gagal dan akan Serahkan Jabatan Presiden ke Prabowo, Faktanya

Tim Editor

ERA.id - Akun Youtube Rahasia Politik mengunggah video berjudul "Jokowi akui sudah gagal sebagai presiden dan akan serakan semua jabatan presiden ke Prabowo?". Video berdurasi 10 menit 17 detik tersebut diunggah pada 31 Juli 2020.

Video tersebut menampilkan gabungan foto-foto Jokowi dan sejumlah artikel dari media online. Dalam narasi yang dibacakan, setidaknya terdapat tiga poin utama yang diulas dalam video tersebut.

Setelah ditelusuri, ternyata pada poin pertama dalam video tersebut membahas artikel Tirto.id yang berjudul "Jokowi Akui Kerja Pemerintah Terjebak Banyaknya Aturan". Artikel yang tayang pada 28 Juli 2020 tersebut tak satu kata pun dituliskan soal Jokowi mengaku gagal dan akan menyerahkan jabatannya pada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dok. Tirto.id

Lalu pada bagian kedua, dibacakan berita dari laman law-justice.co yang berjudul "Dolar Bakal Tembus 20.000 dan Ekonomi Kacau, Jokowi Harus Mundur" yang dipublikasikan pada 29 Juli 2020. Artikel tersebut hanya memuat pernyataan pengamat politik Muslim Arbi. Bahkan tak ada satu pun kalimat yang mengutip pernyataan Jokowi. 

Selanjutnya, masih mengutip laman media yang sama, akun tersebut membacakan artikel berjudul "Ngeri! Sri Mulyani Ungkap Ketidakpastian Ekonomi di 2021". Artikel tersebut tayang pada 28 Juli 2020 yang dilansir dari cnbcindonesia.com yang berjudul "Makin Ngeri! Sri Mulyani Beberkan Ketidakpastian di 2021" yang tayang pada hari yang sama. Pada kedua artikel tersebut tak satu pun ada pernyataan Jokowi yang akan menyerahkan jabatannya pada Prabowo. 

Dok. cnbcindonesia

Berdasarkan penelusuran di atas, narasi dalam video tersebut hanya berasal dari sejumlah artikel media tanpa ada pernyataan Jokowi soal klaim akan menyerahkan jabatan pada Prabowo. Karena itu, video tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan. 

 

Sumber: https://turnbackhoax.id/2020/08/03/salah-video-jokowi-akui-sudah-gagal-sebagai-presiden-akan-serahkan-semua-jabatan-presiden-ke-prabowo/

Tag: jokowi prabowo subianto

Bagikan :