Pesan Mamah Dedeh, Protokol Kesehatan Bukan Buat Diri Sendiri

| 11 Aug 2020 07:50
Pesan Mamah Dedeh, Protokol Kesehatan Bukan Buat Diri Sendiri
Mamah Dedeh (Dok. BNPB)

ERA.id - Selama vaksin COVID-19 belum tersedia, kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan harus menjadi perhatian siapapun. Karena cara itu efektif mencegah penyebaran virus korona.

Hal tersebut turut menjadi sorotan pendakwah Dedeh Rosyidah atau kerap disapa Mamah Dedeh ketika berkunjung ke Graha BNPB, Jakarta. Didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo

Selain menghimbau menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, Mamah Dedeh juga mengingatkan pada kelompok usia rentan COVID-19.

"Kita jaga diri sesuai dengan protokol kesehatan yang disampaikan para ahli, selalu cuci tangan, jaga jarak, terutama lansia apalagi nenek-nenek seperti saya," ujar Mamah Dedeh, Senin (10/8).

Masyarakat juga harus menjadi teladan dengan cara memberikan contoh dari diri kita sendiri untuk menerapkan protokol kesehatan, sesuai sabda Rasul. 

"Rasul mengatakan, ibda binafsik, dimulai dengan diri kita," kata Mamah Dedeh.

Mamah Dedeh turut mengajak seluruh masyarakat utamanya yang berasal dari Jawa Barat untuk bersama-sama menjaga kebersihan sekaligus menjaga diri dari COVID-19.

"Ulah kena (jangan sampai kena) virus korona, karena menjaga lebih mudah daripada mengobati, oleh karenanya saya mengajak ikutin protokol kesehatan," tutur Mamah Dedeh.

Pendakwah kelahiran Ciamis 5 Agustus 1951 itu juga menegaskan bahwa menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin bukan ditujukan bagi diri sendiri melainkan bagi keselamatan orang banyak.

"Mari semuanya diperhatikan baik-baik jangan sampai lupa. Karena ini bukan buat diri sendiri tapi untuk banyak orang, semoga semuanya melakukannya," ajak Mamah Dedeh. 

Rekomendasi