Kemarin Ceramah Oki Setiana Dewi Tuai Kontroversi, Kini Ceramah KDRT Mamah Dedeh Trending Topic, Tuai Pujian Netizen

| 04 Feb 2022 16:27
Kemarin Ceramah Oki Setiana Dewi Tuai Kontroversi, Kini Ceramah KDRT Mamah Dedeh Trending Topic, Tuai Pujian Netizen
Mamah Dedeh (Instagram)

ERA.id - Setelah polemik isi ceramah Oki Setiana Dewi viral di media sosial, terbaru video ceramah pendakwah Mamah Dedeh menjadi trending topic di Twitter.

Namun berbeda dengan Oki Setiana Dewi kemarin, dalam video dakwah yang viral tersebut, Mamah Dedeh menentang kasus KDRT.

Mamah Dedeh justru mengatakan perempuan, apabila mendapatkan kekerasan dari suami, tak boleh diam saja dan berhak melindungi diri sendirinya.

"Kalau ada seorang istri bertahan, 'Biarin saya digebukin setiap hari, ditendangin juga biarin, yang penting anak-anak bisa belajar yang benar, malu sama orang lain.' Maaf, sangat, sangat salah. Kita sebagai manusia punya hak hidup, hak sehat walafiat, hak tenang. Ya, Allah, menderita batin seumur-umur," jelas Mamah Dedeh dalam ceramahnya, seperti dikutip dari PMJNews, Jumat (4/2/2022).

Mamah Dedeh mengatakan apabila seorang istri pasrah diperlakukan kasar oleh suami, berarti dia menghancurkan dirinya sendiri, padahal hal itu dianggap salah dalam Islam.

"Jadi orang itu jangan mencelakai diri sendiri, jangan mencelakai orang. Kalau kita digebukin itu tahu bonyok dan tahu itu adalah sakit, kita diam aja, itu artinya menghancurkan diri kita sendiri. Itu salah dalam Islam. Karena, dalam Islam, kita wajib memelihara kesehatan tubuh. Sakit aja berobat, digebukin setiap hari lama-lama bonyok,” ujarnya.

Melalui tagar Oki Setiana Dewi di Twitter, cuplikan ceramah Mamah Dedeh langsung dipuji banyak warganet.

"Mamah Dedeh panutanku," kata akun @sik***.

"Mbak Oki maaf ini ada yang lebih senior, belajar dulu yang bener ya," sambung akun @ter***.

Sementara itu, artis yang juga penceramah Oki Setiana Dewi akhirnya buka suara terkait dengan isi ceramahnya yang dianggap menormalisasikan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Melalui unggahan instagramnya, Oki menunjukkan video lengkap dari cemarahnya yang disorot banyak pihak.

"Assalamualaikum sahabat semua, kemarin saya mendapatkan pesan dari beberapa teman mengenai potongan ceramah saya dua atau tiga tahun lalu. Di atas inilah video versi panjangnya," kata Oki Setiana Dewi melalui instagramnya, Jumat (4/2/2022).

Oki kemudian menyampaikan permohonan maaf atas isi ceramahnya itu. Ia juga menegaskan bahwa dirinya sangat menolak adanya kekerasan dalam rumah tangga.

Rekomendasi