Jokowi: Jangan Merasa Paling Agamis dan Pancasilais

Tim Editor

Jokowi bersama Bambang Soesatyo dan Ma'ruf Amin (Dok. DPR RI)

ERA.id - Presiden Jokowi mengatakan demokrasi menjamin kebebasan. Tapi kebebasan yang menghargai hak orang lain. Karena itu ia meminta agar jangan merasa paling benar sendiri dan menyalahkan yang lain.

"Jangan ada yang merasa paling agamis sendiri. Jangan ada yang merasa paling Pancasilais sendiri. Semua yang merasa paling benar dan memaksakan kehendak, itu hal yang biasanya tidak benar," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR yang disiarkan secara virtual di Youtube DPR RI, Jumat (14/8/2020).

Ia meminta agar ideologi dan nilai-nilai luhur bangsa tak boleh ditukar dengan kemajuan ekonomi. Sebab kemajuan ekonomi justru membutuhkan semangat kebangsaan yang kuat.

"Kita harus bangga terhadap produk Indonesia. Kita hraus membeli produk dalam negeri. Kemajuan Indonesia harus berakar kuat pada ideologi Pancasila dan budaya bangsa," kata Jokowi.

Menurutnya, tujuan besar bangsa hanya bisa dicapai dengan kerjasama seluruh komponen bangsa dengan gotong royong dan saling membantu. "Saling mengingatkan dalam kebaikan dan tujuan yang mulia," kata Jokowi.

Tag: jokowi keberagaman politisasi agama pancasila sidang tahunan mpr

Bagikan: