Terkuak Jawaban Soal Benarkah Prabowo Subianto Sudah Dikebiri Musuhnya?

| 25 Aug 2020 12:55
Terkuak Jawaban Soal Benarkah Prabowo Subianto Sudah Dikebiri Musuhnya?
Prabowo Subianto (Era.id)

ERA.id - Isu Prabowo bahwa ia sudah dikebiri pernah ramai dibahas saat ia ikut pemilihan presiden 2014, sewaktu berpasangan dengan Hatta Rajasa. Pada Pilpres 2019, melawan Jokowi lagi, isu Prabowo dikebiri mencuat lagi. Benarkah ia sudah dikebiri?

Banyak pihak yang menduga, Prabowo pernah dikebiri sewaktu ia ditangkap oleh Freetilin atau Falintil. Meski banyak pula yang bertanya-tanya bahwa apakah seorang komandan satuan tempur begitu mudah ditangkap musuh?

Sekadar diketahui, cerita kehebatan satuan tempur di bawah kepemimpinan Prabowo banyak digaungkan dari Tim Nanggala di Timor Timur hingga Kopassus serta kisah heroik pembebasan sandera di Mappenduma.

Lalu muncul pertanyaan lain lagi, saat Prabowo tertangkap, apakah memang ia yang turun langsung? Mengapa tugas penyusupan dan bertempur yang seharusnya dijalankan anak buahnya, mesti diemban oleh seorang komandan yang notabene Prabowo?

Betapa buruknya korps TNI jika teman-teman atau pasukannya memilih menyelamatkan diri mereka sendiri, sementara komandan mereka ditangkap musuh dan dikebiri. Lalu jika hanya Prabowo sendiri yang tertangkap, adakah pasukannya yang ikut disiksa?

Kembali soal dikebirinya Prabowo, tahun berapa ia menikah dengan Titiek Soeharto? Diketahui, Indonesia menginvasi Timor-Timur lewat Operasi Seroja pada 7 Desember 1975. Jika dirunut waktu setelahnya, isu penangkapan dan pengebirian Prabowo terjadi saat dia bertugas di Timor-Timur antara tahun 1978–1980.

Sementara, ia menikahi putri Soeharto pada 3 Mei 1983. Ada rentang waktu dua tahun setelah operasi heroik yang menuai kontroversi itu. Jika memang Prabowo dikebiri di tahun-tahun 80-an, ia takkan bisa menghasilkan anak lewat Titiek.

Banyak yang menyebutkan bahwa Titiek menceraikan Prabowo setelah peristiwa Mei 1998 atau setelah Soeharto lengser karena Prabowo sudah dikebiri. Sejak kapan Titiek tahu Prabowo dikebiri di waktu yang terlampau lama setelah ia mengandung anak dari putra Soemitro Djodjohadikusumo itu?

Tanpa banyak menduga-duga, Prabowo pernah menjawab soal isu dikebiri itu, dalam bentuk buku frequently asked questions (FAQ) atau pertanyaan paling sering ditanyakan tentang Prabowo.

FAQ: Prabowo nggak punya "anu"!

Jawaban: Kalau nggak punya "anu" kenapa punya anak. Anaknya menjadi desainer dunia dan mendesain mobil BMW seri termewah yang hanya diproduksi 5 unit saja di dunia.

Buku biru dari Badan Pemenangan Prabowo-Sandi (Detik.com)
Rekomendasi