Alasan Amien Dirikan Partai Baru: Kepemimpinan Jokowi Jauh dari Nilai Moral

| 10 Sep 2020 22:25
Alasan Amien Dirikan Partai Baru: Kepemimpinan Jokowi Jauh dari Nilai Moral
Amien Rais (Dok. Youtube Amien Rais Official)

ERA.id - Mantan Ketua MPR RI Amien Rais mengungkapkan alasannya mendirikan partai baru dengan yang lainnya karena prihatin dengan kondisi bangsa Indonesia belakangan ini. Hal tersebut dia sampaikan melalui akun YouTube Amien Rais Official, Kamis (10/9/2020).

"Saya dan sebagian sahabat-sahabat saya yang prihatin dengan perkembangan kondisi bangsa dan negara kita akhir-akhir ini, bahwa ada kebutuhan perlunya muncul sebuah partai baru," ungkap Amien.

Selain itu, Amien menilai Indonesia tidak dalam kondisi yang baik-baik saja. Melainkan sedang berada di ambang krisis, baik politik, dan economic malasise.

Adapun yang dia maksud dengan economic malasise adalah kondisi ekonomi yang semakin buruk, suram dan bisa-bisa menuju resesi berat dan ke arah depresi,

"Mudah-mudahan tidak ada," kata Amien.

Alasan lainnya di balik niatan mendirikan partai baru, yaitu Amien menilai kepemimpinan era Presiden Joko Widodo semakin jauh dari nilai-nilai moral yang adiluhung. Berkaca dari kondisi tersebut, maka Anies dan sejumlah orang lainnya memutuskan untuk mendirikan partai baru.

"Kekuasaan rezim yang sedang memikul harapan rakyat, namanya semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral atau etika atau akhlak yang baik dan adiluhung. Karena itulah saya dan beberapa sahabat saya dari berbagai kalangan bersepakat bulat segera mendeklarasikan partai baru," paparnya.

Sebelumnya, loyalis Amien Rais, Agung Mozin membocorkan acara yang akan ditayangkan lusa itu tidak dalam rangka deklarasi partai baru. Tapi memang akan ada informasi penting yang akan disampaikan secara resmi.

"Pak Amien akan menyampaikan beberapa hal yang penting soal partai baru itu," ujar Agung kepada wartawan, Selasa (8/9/2020).

Dia mengatakan, secara garis besar hanya akan menyampaikan soal platform partai baru yang bakal didirikan oleh mantan pendiri Partai Amanat Nasional tersebut. Meski demikian, untuk nama partai dan pengurus partai baru belum akan dimumkan.

"Bukan deklarasi, Pak Amien mengenalkan platform partai baru," kata Agung.

Tags : amien rais
Rekomendasi