Daftar Nama 27 Hotel di Jakarta yang Bisa Dipakai untuk Isolasi Mandiri Pasien COVID-19

Tim Editor

Ilustrasi (Free-Photos dari Pixabay)

ERA.id - Puluhan hotel di Jakarta bakal dialihfungsikan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebut ada 27 hotel bintang dua dan bintang tiga di wilayah DKI Jakarta yang telah disiapkan.

"Posisi saat ini sudah ada sekitar 27 hotel dengan total kamar sekitar 3.700an. Hotel bintang dua dan bintang tiga, sesuai permintaan pemerintah," ungkap Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran seperti dikutip dari YouTube BNPB, Sabtu (19/9/2020).

Yusran mengatakan, pihaknya memang memprioritaskan hotel-hotel yang ada di Jakarta, sebab berdasarkan informasi dari pemerintah wilayah ibu kota yang paling membutuhkan tambahan ruang isolasi bagi pasien COVID-19.

Adapun 27 hotel yang disiapkan tersebar di setiap wilayah DKI Jakarta dengan jumlah bervariatif. Secara rinci Yusran menyebutkan, untuk Jakarta Pusat ada 1.605 kamar dari 11 hotel, Jakarta Selatan 557 kamar dari 5 hotel, Jakarta Timur 587 kamar dari 4 hotel, Jakarta Barat 502 kamar dari 5 hotel, dan Jakarta Utara 360 kamar dari 2 hotel.

 

Namun, hotel-hotel tersebut tidak semuanya langsung digunakan. Yusran mengatakan, proses pemakaian sebagai tempat isolasi tersebut disesuaikan dengan ruang isolasi mandiri yang tersedia di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran.

"Nanti kan kita melihat okupansi dari Wisma Atlet. Jadi kemarin kami sudah bicara dengan satgas, kami mengusulkan kita pakai limit. Mungkin kalau di Wisma atlet 80 persen (terisi), baru kita ambil," kata Yusran.

Untuk protokol kesehatan, Yusran mengaku setiap hotel sudah mempunyai protokol kesehatan seperti yang disiapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Selain itu, dari pemerintah nanti akan menyiapkan hotel-hotel tersebut untuk mengikuti pelatihan seputar kebersihan hingga menyiapkan makanan.

Adapun nama-nama hotel yang sudah disiapkan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 di antaranya sebagai berikut:

Jakarta Pusat

Hotel MaxOne (Sabang)

Oria Hotel

Red Planet Jakarta

Losari Hotel

Nite & Day, MaxOne (Kramat, Jakarta)

Yello Hotel Harmoni

Paragon Wahid Hasyim

U Stay Hotel

Oasis Amir Hotel

Triniti Hotel

 

Jakarta Selatan

Pomelotel Hotel

Hotel Tebet

Hotel Sofyan

Hotel Kuretakeso

Hotel GP Mega

 

Jakarta Timur

MaxOne Pemuda

Ibis (Cawang)

Hotel Teras Kita

Balairung Hotel

 

Jakarta Barat

Hotel MaxOne Singnature

Royal Palm Hotel (Cengkareng)

Hotel Nite & Day (Bandengan)

Hotel Augusta

favehotel LTC (Glodok)

 

Jakarta Utara

Pop Hotel

Zia Sanno Zina Said Jakarta.

 

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan Pasien COVID-19 yang menjalankan isolasi di hotel ini akan mendapatkan berbagai macam fasilitas seperti minum, makan, dan laundry. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama seperti di rumah sakit.

"Akomodasi setara hotel bintang tiga ini terdapat fasilitas makan, minum, dan laundry setiap harinya bagi pasien COVID-19," kata Wishnutama, Kamis (17/9/2020).

Perkembangan kesehatan mereka juga akan dimonitor oleh tenaga kesehatan yang disiapkan Kementerian Kesehatan di tiap hotel. "Termasuk menyediakan sarana dan prasarana pendukung seperti obat, ambulans, dan lain-lain," paparnya.

Tag: hotel murah di jakarta covid-19 di indonesia hotel

Bagikan: