Tak Datang ke Mata Najwa, Menkes Terawan Pilih Temui Pengurus PWI Pusat

| 02 Oct 2020 21:31
Tak Datang ke Mata Najwa, Menkes Terawan Pilih Temui Pengurus PWI Pusat
Menkes Terawan Agus Putranto (dok. PWI)

ERA.id - Menteri Kesehatan sekaligus Wakil Ketua Pengarah Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVIS-19 Dokter Terawan Agus Putranto mengatakan pers adalah pahlawan. 

Hal tersebut dikatakannya di tengah kabar viral ia tak hadir dalam talk show Mata Najwa beberapa hari lalum

Menurut Terawan, pers berperan penting dalam melayani masyarakat melalui pemberitaan yang baik dan benar di tengah pandemi COVID-19.

"Media adalah pahlawan bangsa seperti di masa pandemi ini, di saat bangsa membutuhkan pikiran dan tenaga mereka untuk mengatasi penyebaran COVID-19," jelasnya.

Demikian dikatakan dokter Terawan saat menerima kunjungan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang dipimpin Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari yang didampingi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Jumat (2/10/2020).

Terawan melanjutkan, peran wartawan dibutuhkan untuk menangkal hoaks dan berita menyesatkan, hal yang sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah.

Ia mencontohkan salah satu keberhasilan pemerintah di negara lain dalam menekan laju pandemi dipengaruhi oleh para pelaku jurnalistik yang selalu memberitakan positif perkembangan COVID-19.

"Pers punya peran yang signifikan dalam rangka menghambat laju corona, tentu dengan memberitakan kabar yang benar tentang Pandemi. Kita ambil contoh Keberhasilan beberapa negara di luar seperti Singapura dan negara lain berkat Pers yg membela Negaranya lewat pemberitaan yang benar pandemi bisa dilawan," jelas Terawan.

Ia pun menyayangkan jika pers malah membuat gaduh sehingga memperkeruh keadaan di tengah pandemi. "Bukan malah memperkeruh dan membuat gaduh" tambahnya.

Atal S. Depari yang mewakili PWI mengatakan wartawan anggota PWI siap membantu pemerintah untuk menangani penyebaran COVID-19.

Tags :
Rekomendasi