Polisi Usut Penggerak 140 Pelajar dan Pengangguran di Tangerang yang Mau ke Jakarta Ikut Demo

| 13 Oct 2020 17:45
Polisi Usut Penggerak 140 Pelajar dan Pengangguran di Tangerang yang Mau ke Jakarta Ikut Demo
Polres Tangerang Kota mencegat 140 pelajar dan pengangguran yang mau masuk ke Jakarta (Foto via ANTARA/Polda Metro Jaya)

ERA.id - Niatan 140 pelajar dan pengangguran di Tangerang Kota untuk bisa beraksi di Jakarta melakukan demo menolak UU Cipta Kerja terhenti di tengah jalan. Perjalanan mereka dicegat polisi supaya tak bisa masuk ke Ibu Kota.

Polres Metro Tangerang Kota mencegat dan mengamankan sebanyak 140 pelajar dan pengangguran yang punya niat ke kawasan Patung Kuda, Jakarta untuk menolak Undang-Undang Cipta Kerja.

"140 remaja, rata-rata anak sekolah dan pengangguran," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa seperti dilansir Antara, Selasa (13/10/2020).

Petugas kemudian mengamankan pemuda dan pelajar tersebut ke Mako Polres Metro Tangerang Kota untuk didata dan diberi pembinaan.

Polisi juga memintai keterangan kepada para pemuda dan pelajar tersebut soal siapa yang mengajak mereka untuk berunjuk rasa.

Polda Metro Jaya sebelumnya juga mengamankan hingga 1.192 orang yang terlibat bentrokan dan perusakan fasilitas umum pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Total 1.192 pengunjuk rasa yang diamankan tersebut terdiri atas 166 mahasiswa, 570 pelajar, 161 buruh dan elemen masyarakat lainnya sebanyak 295 orang.

Setelah melakukan gelar perkara, pihak kepolisian akhirnya menetapkan sebanyak 54 orang sebagai tersangka dan melakukan penahanan terhadap 28 orang.

Sedangkan sisanya tetap menyandang status tersangka namun tidak ditahan karena masih berstatus pelajar di bawah umur.

Rekomendasi