Nama Jalan di Abu Dhabi adalah Big Imam Rizieq Shihab Bukan Joko Widodo, Ini Realitanya

Tim Editor

Postingan hoaks nama Big Imam Rizieq Shihab menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar di grup Facebook Manusia Merdeka, sebuah akun bernama Fanos memposting dua gambar yang diberi tulisan hoaks dan asli. Gambar pertama yaitu nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi adalah hoaks. 

Gambar yang kedua nama Big Imam Rizieq Shihab menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi adalah asli. Postingan ini di unggah pada 20 Oktober 2020.

Setelah ditelusuri, pada akun Instagram @kbriabudhabi memposting video pada 20 Oktober 2020 bahwa nama Jokowi untuk nama jalan di Abu Dhabi bukan hoaks, demikian dilansir dari laman turnbackhoax.id.

Postingan hoaks nama Big Imam Rizieq Shihab menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi

 

"Hubungan Bilateral Semakin Mesra, Pemerintah UEA Resmikan Nama Jalan Presiden Joko Widodo.

Yup, Anda tidak salah baca. Ini bukan hoaks. Bahwa benar ada nama jalan “Presiden Joko Widodo”.

Anda mungkin familiar dengan jalan Soekarno di Rabat, Maroko atau Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam, Belanda. Tokoh Indonesia yang dijadikan nama jalan di luar negeri kini bertambah satu. Catat, Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, ibukota Uni Emirat Arab (UEA)."

Instagram Jokowi pula membahas hal ini, pada akun @jokowi pada hari yang sama 20 Oktober 2020.

Hoaks nama Big Imam Rizieq Shihab menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi

 

"Seruan jalan di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab kemarin diresmikan sebagai Presiden Joko Widodo Street oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Chariman Abu Dhabi Executive Office. Jalan yang membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik itu menggunakan nama saya."

Dengan demikian, postingan gambar yang mengklaim nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi nama sebuah jalan di Abu Dhabi adalah hoaks dan yang asli adalah Big Imam Rizieq Shihab itu tidak benar. 

Gambar yang menunjukan nama jalan Big Imam Rizieq Shihab adalah hasil editan dari gambar nama jalan Presiden Joko Widodo, sehingga hal ini masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Presiden Joko Widodo Street (Dok. KBRI Abu Dhabi)

 

Tag: berita hoaks habib rizieq sihab dicekal cek fakta

Bagikan: