Fadli Zon: Jokowi Janjikan Vaksin Merah Putih, yang Keluar Vaksin 'Palu Arit'

Tim Editor

Fadli Zon (Dok. Youtube Fadli Zon Official)

ERA.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Fadli Zon menagih janji Jokowi untuk membuat vaksin COVID-19 Merah Putih. Ia menyebut justru saat ini vaksin yang akan digunakan malah vaksin dari China.

"Dulu pemerintah melalui presiden Jokowi sudah menjanjikan vaksin Merah Putih, tapi kenapa tiba-tiba yang keluar 'vaksin palu arit'? Ini akan menambah komplikasi nantinya," kata Fadli dalam tayangan Youtube Fadli Zon Official, Rabu (28/10/2020).

Ia tidak ingin ada sekelompok orang yang mendapatkan keuntungan dari penderitaan orang lain. Karena vaksin ini adalah suatu bisnis yang besar dengan keuntungan yang juga sangat besar.

"Sebaiknya pemerintah dan instansi terkait betul-betul fokus mencari orang yang terbaik, di Indonesia banyak sekali ahli-ahli virologi, mikrobiologi dan sebagainya dari berbagai universitas, dari Eijkman Institute,"

Menurutnya, para ahli tersebut punya kemampuan membuat prototype vaksin dan vaksin sendiri bahkan bisa diproduksi sendiri. Termasuk kecocokan vaksinnya. Karena belum tentu vaksin yang diuji coba di negara lain cocok dengan Indonesia. Tapi semua itu memerlukan dukungan pemerintah.

"Strain-nya bisa saja berbeda, jadi kita berharap, saya termasuk yang menghimbau pada pemerintah sebaiknya ditunda sampai vaksin ini betul-betul aman dan ampuh, jangan terburu-buru karena kita akan mempertaruhkan nasib rakyat Indonesia," kata Fadli.

Tag: fadli zon vaksin sinovac Vaksin Merah Putih

Bagikan: