PLN Sebutkan Gangguan Sejumlah SUTET Sebabkan Mati Lampu Sebagian Jakarta

| 01 Nov 2020 15:14
PLN Sebutkan Gangguan Sejumlah SUTET Sebabkan Mati Lampu Sebagian Jakarta
Ilustrasi SUTET (Dok. Istimewa)

ERA.idHashtag mati lampu menjadi trending topic di Twitter. Pasalnya, sejumlah daerah di DKI Jakarta dan daerah penyangganya mengalami mati lampu. 

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Emir Muhaimin menyebutkan sebab mati lampu karena gangguan yang terjadi pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kilo volt. Gangguan ini terjadi sejak pukul 12.58 WIB.

"SUTET yang mengalami gangguan yakni SUTET Muara Tawar-Cibatu, SUTET Depok-Cibinong, SUTET Cawang-Muara Tawar, SUTET Bekasi Tambun," katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/11/2020).

Ia menjelaskan gangguan terjadi akibat hujan deras disertai sambaran petir. Ia memastikan secara bertahap PLN akan melakukan penormalan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lainnya. Saat ini tim tengah melakukan upaya pengecekan dan upaya perbaikan untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan. 

"PLN mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian wilayah Jakarta mengalami padam," katanya.

Sebelumnya hal ini membuat sejumlah daerah di Jakarta dan sekitarnya mengalami pemadaman. Diantaranya di beberapa daerah di Depok, Jakarta, hingga Bekasi.

Rekomendasi